Kamis 19 May 2016 09:53 WIB

Herbal Ini Tingkatkan Memori dan Suasana Hati

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Atasi perut kembung dengan rutin konsumsi pepermint tea
Foto: Health
Atasi perut kembung dengan rutin konsumsi pepermint tea

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tumbuhan herbal, seperti peppermint, chamomile, rosemary, dan lavender telah terbukti meningkatkan memori dan suasana hati. Manfaat signifikannya diterbitkan dalam sebuah penelitian dari Northumbria University.

Minum teh peppermint meningkatkan kewaspadaan, sementara teh chamomile bisa menenangkan tubuh. Mencium aroma rosemary dan lavender juga berdampak pada perbaikan daya ingat orang-orang berusia di atas 65 tahun.

Penemuan ini juga dipresentasikan di konferensi tahunan British Psychological Society Conference di Nottingham, 26-28 April 2016. Peneliti dalam sebuah studi meminta 180 responden untuk mengonsumsi setidaknya salah satu minuman teh chamomile atau peppermint.

Mereka kemudian diteliti terkait kemampuan kognitif dan suasana hati mereka. Hasilnya, responden mengalami peningkatan memori jangka panjang, memori kerja, dan kewaspadaan saat rutin minum teh peppermint. Teh chamomile memberi efek menenangkan dan secara signifikan memperlambat munculnya pikun, juga meningkatkan kewaspadaan dan pergerakan seseorang.

Dalam studi terpisah, sebanyak 150 responden sehat berusia 65 tahun ke atas ditempatkan di kamar dengan aroma minyak esensial rosemary dan lavender. Mereka diminta menjalani tes yang prospektif dengan kemampuan mengingat dan melakukan sesuatu pada waktu tertentu, seperti minum obat, memosting surat, dan menjalani tes penilaian perubahan suasana hati.

Responden yang ditempatkan di kamar beraroma lavender mengalami suasana hati lebih tenang dan rileks. Namun, responden mengalami penurunan kemampuan melakukan sesuatu pada waktu tertentu. Hal berbeda ditemukan pada responden yang ditempatkan di ruangan beraroma rosemary. Mereka bisa memetik manfaat dari keduanya.

"Rosemary bisa meningkatkan memori sekaligus memberi efek tenang dan kemampuan melakukan sesuatu pada waktu tertentu, misalnya Anda bisa ingat kapan jamnya harus minum obat," kata salah satu peneliti, Dr Mark Moss, dilansir dari Medical News Today, Kamis (19/5).

Departemen Psikologi Northumbria University telah melakukan sejumlah penelitian terkait berbagai manfat herbal. Peneliti-penelitinya juga menemukan bahwa sage, gingseng, lemon balm, dan gingko biloba juga memberi efek positif pada perbaikan kerja mental.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement