Rabu 18 May 2016 11:04 WIB

Anggota DPD Ajak Pertahankan Ideologi Bangsa

Pancasila
Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) Benny Ramdhani, mengajak masyarakat untuk mempertahankan dan menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa.

"Pancasila, NKRI, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika sebagai pilar kebangsaan, itu fundamental dan bukan nilai yang digali baru yang di era pasca reformasi diberi label empat pilar kebangsaan," kata Radmhani saat reses, di Manado, Selasa (17/5).

Dia mengatakan, sekarang yang menjadi tantangan terbesar negara Indonesia, termasuk rakyat di Sulut adalah adanya kelompok-kelompok tertentu dari seberang yang mencoba melakukan infiltrasi kenegara Indonesia, yang membawa ideologi negara luar. Ideologi seberang tersebut, kata Ramdhani melihat Indonesia sebagai negara dengan mayoritas masyarakat beragama Islam, dan mendorong dan memaksa untuk mengubah ideologi negara menjadi agama, padahal tidak seperti itu.

"Hal tersebut dipaksakan untuk hidup, tumbuh, berkembang di masyarakat Indonesia, padahal hal tersebut terang-terangan bertentangan dengan ideologi dan budaya kita," katanya.

Ramdhani mengatakan, kelompok-kelompok tertentu yang membawa pandangan dari luar tersebut, lupa pada saat perjuangan dulu, ada tiga ulama besar yang merupakan pendiri organisasi Islam terbesar di Indonesia, yakni KH Hasyim Azhari pendiri NU, HOS Cokroaminoto pendiri SI, KH Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah, yang pikirannya sangat mewarnai dan mengisi konstitusi negara UU 45, karena diminta Soekarno.

"Itu yang kita nikmati sekarang, termasuk bentuk negara, sistem dan termasuk ideologi adalah Pancasila datang dari pikiran mereka, dan sekarang ini tidak bertentangan dengan ideologi kita," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement