Saturday, 20 Rabiul Akhir 1442 / 05 December 2020

Saturday, 20 Rabiul Akhir 1442 / 05 December 2020

Ini Cara Bedakan Telur dari Ayam Sakit dan Sehat

Selasa 17 May 2016 06:37 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Telur ayam

Telur ayam

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Telur merupakan salah satu bahan makanan yang dapat diolah ke dalam berbagai hidangan yang menggiurkan. Berbagai teknik memasak pun cocok untuk diterapkan dalam membuat olahan telur yang memanjakan lidah.

Banyaknya penggunaan telur dalam berbagai resep masakan perlu diimbangi dengan pemilihan telur yang berkondisi baik dan berasal dari ayam yang sehat. Oxford Journal menunjukkan bahwa nutrisi dalam ayam memainkan peran penting dalam menghasilkan telur yang sehat.

Dari ayam yang sehat, telur yang dihasilkan akan mengandung beta karotin yang lebih tinggi. Selain itu, ayam yang dirawat dengan cukup nutrisi juga dapat menghasilkan telur dengan kandungan asam lemak omega tiga yang lebih tinggi.

Sebaliknya, ayam yang hanya dikekang dalam kandang kecil sepanjang hidupnya cenderung tidak menerima vitamin dan mineral yang dibutuhkan telur. Untuk membedakan telur yang berasal dari ayam berkondisi baik dan tidak baik, Anda bisa mengecek tiga ciri telur baik pada telur yang akan Anda konsumsi seperti dilansir Health Tips Portal.

Cangkang Padat dan Keras

Telur yang berasal dari ayam sehat akan memiliki cangkang yang padat dan keras. Jika telur yang Anda gunakan terlalu mudah untuk pecah, maka telur tersebut tidak berkualitas baik. Pasalnya, ayam yang terjaga asupan makannya dan dalam kondisi sehat akan menghasilkan cangkang yang kuat dan tidak mudah pecah.

Warna Telur Pekat

Kuning telur yang pada umumnya ditemukan cenderung memiliki warna yang terang. Sayangnya warna kuning yang terang pada telur bukan warna yang sempurna. Pasalnya, warna ideal kuning telur yang berasal dari ayam sehat dan berkualitas baik ialah oranye pekat.

(baca: Konsumsi Daging Picu Risiko Kematian)


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA