Senin 16 May 2016 07:15 WIB

Menikmati Buah dengan Cara Berbeda, Bagaimana Nutrisinya?

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Ada berbagai cara makan buah, salah satunya salad buah.
Foto: Republika/Nora Azizah
Ada berbagai cara makan buah, salah satunya salad buah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Terkadang rasa bosan datang untuk makan buah. Beribu alasan diutarakan, mulai dari bosan dengan rasanya atau bosan karena dikonsumsi dengan cara yang sama tiap harinya. Untuk menghilangkan kebosanan tersebut ada baiknya menyantap buah dengan mengolahnya terlebih dahulu.

Buah bisa diolah dengan cara dimasak, dipanggang, atau hanya dikombinasikan dengan buah-buahan lain. Beberapa bentuk penganan buah seperti salad, kue, dan es menjadi contoh pengolahan buah. Namun, bagaimana dengan gizinya?

"Secara teori nutrisi buah memang akan berkurang ketika sudah diolah," kata Konsultan Nutrisi Profesional Jansen Ongko saat acara 'Melbourne Market Now in Season Australia' di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. ‎Beberapa vitamin dan mineral memang akan hilang ketika buah sudah mengalami satu pengolahan. Tetapi cara tersebut masih diperbolehkan karena untuk mengatasi rasa bosan tersebut. Namun sebaiknya tidak diterapkan terlampau sering. Sebab, buah akan jauh lebih bagus dan baik dikonsumsi langsung tanpa olah.

‎Kemudian, bila ingin menyantap buah dalam bentuk salad sebaiknya perlu memperhatikan jenis saus. Tidak disarankan mengonsumsi salad dengan mayones. Kandungan mayones tinggi akan lemak. Bila menggabungkan buah dengan lemak, maka tidak akan mendapat khasiat dari buah itu sendiri.

Buah berperan dalam memasok serat, antioksidan, bahkan bisa memerangi kolesterol jahat. Sementara mayones merupakan salah satu pencipta lemak yang jahat bagi tubuh. Untuk dressing salad, sebaiknya gunakan minyak zaitun ekstra virgin oil. Minyak tersebut akan jauh lebih sehat daripada penggunaan mayones.

Mengolah buah juga sangat disarankan bagi orang tua untuk melatih anak makan buah. Biasanya lidah anak-anak belum terbiasa mengecap rasa buah yang natural. Entah terlalu asam, ada sedikit pahit, bahkan tidak suka makan buah karena bau dan teksturnya. Mengolah buah bisa menjadi salah satu cara melatih anak-anak makan buah-buahan. Apabila sudah terbiasa, orang tua dapat melanjutkan proses makan buah dengan cara menyantapnya langsung tanpa diolah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement