Senin 16 May 2016 07:02 WIB

Pakar Bagi Tips Bebas Kuatir Saat Konsumsi Buah Impor

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Buah Impor
Foto: Republika/Prayogi
Buah Impor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Mengonsumsi buah impor terkadang memang menakutkan. Segelintir rumor mengenai pestisida, disuntik pengawet, hingga lapisan lilin yang membuat buah tahan lama menjadi bahan pertimbangan.

Namun ternyata, masyarakat tidak perlu takut dengan kabar buruk tersebut. Konsumen tetap aman mengonsumsi buah impor dengan syarat membeli di tempat yang sudah terjamin kualitasnya. Misalnya, distributor atau importir resmi yang bekerja sama langsung dengan pemerintah negara pengimpor.

"Tempat membeli buah menjadi faktor penting dalam mendapatkan kualitas produk dan keamanan pangan," kata Ahli Gizi Profesional Jansen Ongko dalam acara 'Melbourne Market' di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Pestisida yang menempel pada buah akan hilang saat dicuci. Usahakan menggosok kulit buah sedikit keras untuk menghilangkannya.

Konsumen juga takut mengonsumsi apel karena terkait lapisan lilin. Padahal, kulit apel memang menghasilkan lapisan lilin. Itu sebabnya disarankan membeli buah impor di lokasi terpercaya. Bila tidak sengaja membelinya di tempat tak meyakinkan, ada baiknya mengupas kulit apel sebelum dimakan.

‎Mengonsumsi buah-buahan saat sedang musimnya memang tidak memiliki manfaat khusus. Pasalnya, tiap buah sudah pasti menyehatkan asalkan dikonsumsi dengan cara yang benar. Tetapi saat musim biasanya harga buah akan cenderung lebih murah. Hal tersebut tentu saja membuat biaya membeli buah menjadi lebih ringan. Akan sangat disarankan dalam satu hari mengonsumsi sedikitnya tiga jenis buah dengan warna berbeda. Warna-warna buah mencerminkan identitas buah dan membuatnya memiliki kandungan serta nutrisi berbeda pula.

Cara memilih buah impor sebenarnya cukup mudah. "Kulit tidak mengerut dan warna buah masih mencolok," jelas Jansen. Kulit buah mengerut menandakan sudah tidak segar. Sementara warna yang memudar diakibatkan buah sudah masuk ke dalam lemari pendingin cukup lama.

Untuk penyimpanannya, tidak semua buah cocok disimpan dalam lemari es. Di antaranya apel dan table grape (anggur meja siap makan). Keduanya lebih baik disimpan pada suhu ruangan. Sebab, kulit apel akan cepat mengerut bila dimasukkan dalam lemari es. Sementara table grape merupakan jenis buah yang harus segera dikonsumsi. Akan lebih bagus bila membeli buah untuk sekali konsumsi sehingga tak perlu disimpan dan selalu mengonsumsi buah baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement