Kamis 12 May 2016 17:41 WIB

65 Alumni SMAN 5 Depok Diterima di PTN Melalui Jalur Undangan

Sebagian lulusan SMAN 5 Depok tahun ajaran 2015/2016 yang berhasil diterima di PTN, khususnya Unpad Bandung.
Foto: Irwan Kelana/Republika
Sebagian lulusan SMAN 5 Depok tahun ajaran 2015/2016 yang berhasil diterima di PTN, khususnya Unpad Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Sebanyak 65 alumni SMA Negeri 5 Depok tahun ajaran 2015/2016 diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur undangan.

“Alhamdulillah, sebanyak 405 siswa kelas XII SMAN 5 tahun ajaran 2015/2016  lulus 100 persen. Dari 405 jumlah lulusan tersebut, sebanyak 68 orang sudah diterima di PTN melalui jalur undangan,” ungkap Kepala SMAN 5 Depok Ahmad Zarkasih pada acara Pelepasan Kelas 12 SMA Negeri 5 Depok tahun ajaran 2015/2016 di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Kamis (12/5).

Zarkasih menambahkan, para siswa yang diterima melalui jalur undangan tersebut, tersebar di berbagai perguruan tinggi. Mereka diterima di berbagai jurusan, fakultas dan PTN, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas  Padjadjaran (Unpad), UPN Veteran dan ITB.

“Insya Allah, akan lebih banyak lagi alumni  SMAN 5 Depok yang diterima di PTN, baik melalui Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) maupun jalur mandiri. Demikian juga dengan  perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik, bahkan hingga perguruan tinggi di manca negara ,” papar Zarkasih.

Acara pelepasan kelas 12 SMAN 5 Depok tahun ajaran 2015/2016 ditandai dengan budaya Sunda. Acara diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran, sambutan kepala sekolah dan ketua komite sekolah, dan pemberian penghargaan kepada para siswa berprestasi akademik dan non-akademik.

 

Selain itu, penampilan seni tari dan lagu oleh siswa, mushafahah (bersalam-salaman) guru kepada murid, dan pemuatan film tentang Angkatan XIII SMAN 5 Depok yang menamakan diri mereka  Angkatan “Athenas”. Film tersebut dibuat oleh sejumlah siswa kelas 12.

Termasuk dalam pemberian penghargaan akademik adalah siswa yang berhasil meraih nilai tertinggi pada ujian nasional (UN), baik dari perwakilan jurusan IPA maupun IPS. Juga penghargaan untuk para siswa yang berhasil diterima di PTN melalui jalur undangan.

“Dari segi prestasi akademik, saat ini SMAN 5 berada di ranking tiga, setelah SMAN 1 Depok dan SMAN 2 Depok. Target kami adalah berada di depan SMAN 1 Depok alias menjadi SMAN terbaik dan terfavorit di Depok,” tutur Zarkasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement