Kamis 12 May 2016 06:15 WIB

Dokter: Anak yang Suka Buah dan Sayur Lebih Happy

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Memberi makan anak tidak selalu mudah, ibu dituntut untuk kreatif agar anak mau makan sayur dan buah.
Foto: Republika/Prayogi
Memberi makan anak tidak selalu mudah, ibu dituntut untuk kreatif agar anak mau makan sayur dan buah.

REPUBLIKA.CO.ID, Perilaku konsumsi makan sayur dan buah di Indonesia masih sangat sedikit. Padahal buah dan sayur ini memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak.

Konsultan Gastrohepatologi Anak, RS Awal Bros Jakarta, Dr Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K), mengatakan buah dan sayur mengandung berbagai kebaikan seperti vitamin, mineral, dan erat kaitannya untuk daya tahan tubuh, pertumbuhan, serta bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

"Pemberian buah dan sayur kepada anak sejak usia dini akan mendukung pembentukan pemenuhan gizi seimbang bagi optimalisasi tumbuh kembang anak dan pembentukan pola makan sehat yang akan berlanjut sampai usia dewasa," ujarnya dalam konferensi pers Program Edukasi Kebiasaan Makan Sehat yang diselenggarakan Sari Husada di Jakarta, Rabu (11/5).

Buah dan sayur antara lain mengandung vitamin seperti A, C, dan E yang baik untuk kesehatan mata dan kulit, serta menjaga daya tahan tubuh. Juga mengandung mineral seperti Kalsium, magnesium, dan fosfor yang berfungsi menjaga kekuatan tulang dan gigi, serta zat besi, vitamin B dan asam folat untuk mencegah anemia.

Selain itu buah dan sayur kaya akan serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Asupan sayur dan buah sejak dini memberikan manfaat kesehatan pencernaan yang memadai untuk anak demi meningkatkan daya serap terhadap nutrisi dan fungsi daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit di masa yang akan datang.

Buah dan sayur merupakan sumber serat pangan dan efeknya, bila dikonsumsi rutin, akan memberikan manfaat positif seperti meningkatkan fungsi imun tubuh sampai membantu berkonsentrasi dan memperbaiki memori jangka panjang.

"Anak yang suka makan buah dan sayur otaknya akan lebih pintar, kulit lebih bagus, usus lebih bagus dan tidak mudah sembelit, anak juga lebih happy dan wajahnya lebih berseri," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement