Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Ribuan Planet Baru Ditemukan

Rabu 11 May 2016 19:09 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Ukuran Planet Kepler

Ukuran Planet Kepler

Foto: Nationalgeographic.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para astronom telah menemukan 1.284 lebih planet di luar tata surya, sembilan di antaranya kemungkinan berada di orbit yang sesuai untuk air permukaan yang bisa punya prospek mendukung kehidupan.

Planet-planet baru yang diumumkan para ilmuwan pada Selasa (10/5) itu menambah jumlah planet yang dikonfirmasi di luar tata surya menjadi 3.264.

Kumpulan besar dari apa yang disebut exoplanet itu dideteksi oleh teleskop Kepler milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), yang mencari planet-planet layak huni seperti Bumi.

Planet-planet baru itu diidentifikasi selama misi utama empat tahun Kepler yang berakhir tahun 2013, dan sebelumnya dianggap sebagai kandidat planet.

Para ilmuwan mengumumkan penemuan tunggal planet terbesar itu menggunakan teknik analisis baru yang menerapkan model statistik untuk mengonfirmasi kelompok itu sebagai planet, mengesampingkan skenario bahwa itu hanya kelihatan seperti planet-planet yang mengorbit.

"Kami sekarang tahu, kemungkinan bisa ada lebih banyak planet dari pada bintang-bintang," kata Paul Hertz, Direktur Divisi Astrofisika dalam siaran pers.

"Pengetahuan ini memberitahu misi masa depan bahwa ada kebutuhan untuk membawa kami lebih dekat untuk mencari tahu apakah kita sendiri di alam semesta."

Dari planet-planet baru itu, hampir 550 di antaranya bisa berbatu seperti Bumi menurut NASA.

Sembilan planet berada pada jarak yang tepat dari satu bintang untuk mendukung temperatur di mana air bisa berkumpul.

Penemuan itu menambah jumlah planet yang diketahui memiliki kondisi yang memungkinkan bagi kehidupan menjadi total 21 planet.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA