Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Sensasi Teh Cascara dari Ampas Kopi

Kamis 05 May 2016 15:26 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri

Teh Cascara

Teh Cascara

Foto: MNN

REPUBLIKA.CO.ID, Pernahkah Anda mendengar ada teh terbuat dari ampas tanaman kopi? Ini adalah sejenis teh hibrida, tepatnya disarikan dari buah kopi berry yang kering.

Teh cascara kini baru populer di berbagai negeri dan terbilang cukup baru di Amerika Serikat. Teh ini awalnya muncul di Yaman dan Ethiopia berdasarkan informasi dari artikel Brenna Ciummo di Majalah Fresh Cup.

Dilansir dari MNN, proses pembuatan teh cascara terbilang unik. Mula-mula biji kopi dipisahkan dari dagingnya. Daging biji yang biasanya dijadikan kompos ini diolah kembali menjadi teh dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Cascara tak bisa dikategorikan sebagai kopi karena tidak terbuat dari biji dan rasanya juga bukan menyerupai kopi. Meski demikian pada dasarnya minuman ini tak juga disebut teh, sebab teh biasanya terbuat dari daun, bukan daging biji atau daging buah.

Sang penulis artikel, Ciummo lebih suka menyebut cascara sebagai teh herbal. Teh ini sedikit manis dan memiliki aroma buah. Minuman teh ini tidak mengandung kafein.

Cascara disajikan dengan cara diseduh seperti teh, bisa disajikan saat panas atau dingin. Teh ini juga bisa dibuat sirup sederhana dicampur dengan koktail berbahan Sun Streaks. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA