Rabu 04 May 2016 12:06 WIB

Jepang Tawarkan Beasiswa Kuliah Bagi Lulusan SMA

Red: Nur Aini
Bendera Jepang
Foto: techgenie.com
Bendera Jepang

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR -- Pemerintah Jepang melalui kedutaan besarnya di Indonesia menawarkan beasiswa (Monbukagakusho) kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA dan sederajat) untuk melanjutkan pendidikan ke universitas (S-1), College of Technology (D-3), atau Professional Training College/SENSHU (D-2) di negeri matahari terbit.

"Beasiswa tersebut untuk tahun akademik 2017 (April 2017) dan pelamar hanya bisa mendaftar satu program antara S-1, D-3, atau D-2," kata Sokhibi, staf Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar, Rabu (4/5).

Ia mengatakan, pendaftaran tahap pertama berlangsung selama dua minggu, 2-16 Mei 2016, khusus bagi pelamar lulusan tahun 2015 dan tahun sebelumnya saja. Pendaftaran tahap II, 24 Mei-9 Juni 2016 hanya bagi pelamar lulusan tahun 2016 saja dengan persyaratan antara lain warga negara Indonesia, lahir antara tanggal 2 April 1995 sampai dengan tanggal 1 April 2000 dan nilai minimal rata-rata ujian nasional (UN) 8,4 untuk program S-1/GAKUBU 8,0 untuk program D-3/KOUSEN dan 8,0 untuk program D-2/SENSHU.

"Jika saat penutupan (9 Juni 2016) Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional asli belum bisa dikeluarkan, maka Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional sementara dari kepala sekolah bisa diterima," ujar Sokhibi.

Ia menambahkan, bagi sekolah yang tidak menggunakan standar nasional (misalnya dengan standard IB), nilai akan disetarakan. Oleh sebab itu perlu melampirkan hasil ujian akhir dan transkrip nilai seluruh semester.

Selain itu sebagai alternatif persyaratan pelamaran, bagi pelamar S-1 yang memilih bidang studi IPS bisa juga melamar dengan menggunakan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) minimal level N3.

Sedangkan pelamar D-2 bisa juga melamar dengan menggunakan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) minimal level N4, walaupun persyaratan nilai minimal rata-rata Ujian Nasionalnya kurang.

Pelamar harus lulus dari SLTA dan sederajat terlebih dahulu (bagi yang menggunakan sistem kelulusan Nasional/UAN), atau akan lulus maksimal 31 Maret 2017 (bagi yang menggunakan sistem kelulusan standar Internasional/IB)

Sokhibi menambahkan peserta hanya dapat mendaftar satu program saja antara S1, D3, atau D2. Prosedur Pendaftaran dengan mengisi formulir aplikasi yang dapat didownload dari website resmi kedutaan Jepang berikut: http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html.

Selain itu melakukan registrasi secara online melalui link yang tertera pada website resmi kedutaan Jepang, lalu cetak konfirmasi registrasi online yang berisi Nomor Ujian yang dikirimkan ke e-mail pelamar.

Kirimkan formulir aplikasi, lembar printout konfirmasi registrasi online, fotokopi ijazah/ ijazah sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah, fotokopi SKHUN/SKHUN sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah, serta fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) bagi yang ada, ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement