Sabtu 30 Apr 2016 09:22 WIB

Serial TV Perhatikan Rating dan Sharing

Suasana diskusi
Foto: Dok Sinemart
Suasana diskusi "Wajah Pendidikan Dalam Serial TV Kita" yang diadakan di kampus Uhamka Jakarta, Kamis (28/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Line producer Sinemart Dani Sapawie mengatakan  Sinemart punya standar nilai dalam menentukan judul dan muatan film dan film TV yang diproduksinya. Diakuinya, tidak semua orang setuju dan memiliki standar moral yang sama dengan yang digariskan Sinemart tentunya.

“Tetapi Sinemart meyakini bahwa program yang diproduksinya tidak hanya mempertimbangkan TV rating dan sharing,” ujar Dani saat tampil dalam diskusi bertajuk “Wajah Pendidikan Dalam Serial TV Kita” yang digelar di kampus Uhamka Pasar Rebo Jakarta, Kamis (28/4).

 

Diskusi tersebut juga menampilkan pembicara anggota LSF dan pengajar IKJ Arturo GP, Dr Edy Sukardi (Uhamka), serta pemeran sinetron serial “Anak Jalanan”  Fathir Muchtar dan Stefan William.  

Dani menyebutkan, serial TV yang saat ini menjadi top rating seluruh program televisi, yakni serial “Anak Jalanan” juga berada di koridor keseimbangan antara hiburan dan penularan mental positip bagi khalayak.  Dalam konteks hiburan, kata Dani, dialog dan adegan yang seringkali dianggap tidak mendidik sudah melewati pantauan Lembaga Sensor Film (LSF).

 

“Walau Sinemart sangat memperhatikan koridor LSF, beberapa adegan harus dihilangkan setelah dikaji LSF,” tutur Dani yang juga membidani serial “Ketika Cinta Bertasbih”, “Tukang Bubur Naik Haji”, sederet FTV bernuansa Islami, dan banyak tayangan bermuatan edukatif lainnya.

Dani mengemukakan, posisi Serial TV “Anak Jalanan” yang saat ini berada di top rating, adalah buah pikir cerdas dan kerja keras para sineas dalam membaca realitas, tentu termasuk realitas pasar yang sangat kompetitif.

“Pesan moral untuk bersikap jujur, santun, menghormati guru yang disampaikan Serial Anak Jalanan bukan sekedar tempelan dan sisipan. Secara konsisten muatan itu tersirat dari episode satu ke episode lainnya,” papar Dani Sapawie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement