Rabu 27 Apr 2016 15:39 WIB

Riau Tuan Rumah Olimpiade Sains Nasional 2017

Olimpiade Sains, ilustrasi
Olimpiade Sains, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menunjuk Riau sebagai tuan rumah penyelenggara Olimpiade Sains Nasional Tingkat SMA Tahun 2017.

"Kami Disdikbud Riau tengah menjajaki perihal tentang penunjukan sebagai tuan rumah OSN tahun depan," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau, Kamsol, yang dihubungi dari Pekanbaru, Rabu (27/4).

Lebih lanjut dikatakannya, olimpiade bergengsi dikalangan siswa ini tentu bisa menjadi momen berharga, sesuai visi dan misi Riau dalam dunia pendidikan. "Alhamdulillah kita didaulat sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan tahun 2017," ucapnya.

Tahun ini, ajang tersebut dipercayakan untuk dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan, yang akan di selenggarakan pada 15-21 Mei untuk OSN tingkat SD dan SMP dan 21-25 Mei tingkat SMA.

Lebih lanjut dikatakan Kamsol bahwa kesempatan dan kepercayaan itu harus dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya, sekaligus jadi momentum untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Riau.

Ia memaparkan, pelajar Riau pernah mengukir prestasi membanggakan pada ajang ini. Torehan itu terjadi mulai tahun 2001 silam, dimana pelajar utusan daerah setempat mampu menggandeng medali emas selama lima tahun berturut-turut.

"Dengan waktu yang masih panjang, harus dijadikan sebagai cambuk untuk maju. Sebagai evaluasi atas prestasi yang diraih sekarang," tuturnya.

Selanjutnya ia juga mengatakan, seluruh pihak harus merubah paradigma dunia pendidikan. Sehingga tidak hanya mengejar nilai, tetapi menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas.

"Pemerintah kabupaten/kota melalui dinas terkait, pihak sekolah hingga guru dan orang tua siswa harus mampu bersinergi dalam mewujudkan generasi mendatang yang mampu bersaing. Tidak hanya tingkat lokal maupun nasional, bahkan tingkat internasional," ungkapnya.

Untuk diketahui, tahun sebelumnya Provinsi Riau berhasil meraih tiga juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional. yakni, Juara II Bidang Fisika dari SMA Cendana Duri atas nama M Rafif, juara III bidang biologi dari SMA Dharma Yudha atas nama Vincent Lau dan Juara Harapan II Bidang Biologi Terapan dari SMK Pertanian Terpadu atas nama Melati Gadis Medta.

Bidang yang diperlombakan sama dengan tahun ini, diantaranya Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Astronomi, Matematika, Kebumian dan Komputer.  Sementara tingkat SMK, yakni Matematika Teknologi, Matematika non Teknologi, Fisika Terapan, Biologi Terapan, Kimia Terapan, dan Kimia Terapan yang dilaksanakan di Yogyakarta pada 18-24 Mei 2015 lalu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement