Sabtu 23 Apr 2016 11:37 WIB

Ini Penjelasan Suara dalam Kepala Ketika Anda Membaca

Rep: C34/ Red: Winda Destiana Putri
Membaca
Foto: photobucket
Membaca

REPUBLIKA.CO.ID, Saat membaca, apakah Anda kerap mendengar sebuah suara yang berbicara di kepala Anda? Sebuah laporan baru yang dipublikasikan di Psikosis menunjukkan bahwa hampir semua orang mendengar suara internal saat mereka sedang membaca.

Ruvanee Vilhauer dari New York University melakukan penelitian tentang fenomena itu menggunakan metode konvensional. Ia menganalisis para kontributor yang menyumbang 24 pertanyaan dan menjawab 136 jawaban di Yahoo! Answers antara tahun 2006 dan 2014 mengenai suara misterius saat membaca itu.

Vilhauer menganalisis semua konten yang relevan dan mendapati sebagian besar kontributor (82,5 persen) mengatakan bahwa mereka mendengar suara batin ketika membaca. Sementara, 10,6 persen lainnya menjawab tidak, dan sisanya menjawab tidak jelas.

Dari mereka yang mendengar suara batin, 13 persen mengatakan hanya mendengarnya kadang-kadang. Faktor yang memengaruhi diduga termasuk minat mereka terhadap teks yang dibaca.

Sebagian orang mendengar suara yang konsisten sama, sedangkan sebagian lagi mendengar suara yang berbeda. Bagi mereka yang mendengar suara-suara batin yang berbeda, bunyinya bervariasi.

Kadang kala, suara itu terdengar seperti suara mereka sendiri, atau dengan emosi, volume, aksen, dan kedalaman tertentu. Beberapa kontributor menganggap hal itu normal dan bisa mengatur seperti apa suara batin itu, sementara sebagian lain menganggap itu mengganggu dan menakutkan.

"Analisis saya menyediakan beberapa dukungan untuk teori yang salah mengidentifikasikan halusinasi pendengaran sebagai suara batin. Barangkali psikolog belum mendalami lebih lanjut terkait hal ini karena berasumsi tidak ada variabilitas dalam pengalaman membaca setiap orang," kata Vilhauer.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement