Rabu 20 Apr 2016 15:00 WIB

Mohammad Faisal, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE): Rasio Gini Belum Bisa Jadi Acuan

Red:

Bagaimana Anda melihat rilis BPS yang mencatat adanya penurunan rasio gini?

Saya melihat ini memang baik karena adanya peningkatan pengeluaran masyarakat menengah ke bawah, khususnya di perdesaan. Ini bisa terjadi karena pelaksanaan  sejumlah program yang menyasar mereka seperti dana desa.

Berarti ini memperlihatkan adanya penurunan angka kemiskinan?

Masih belum. Sebab, turunnya gini rasio ini sebenarnya yang pertama kali sejak terakhir terjadi pada September 2011 yang angkanya 0,39.

Memang rasio gini belum bisa memperlihatkan besaran penurunan angka kemiskinan?

Indeks gini ini terlalu umum dan tidak gampang. Jadi, data ini belum bisa dijadikan acuan bahwa sudah ada penurunan kesenjangan secara menyeluruh. Apalagi, dalam beberapa waktu terakhir, pada 2015 data yang ada menyebut nilai tukar petani secara rill saja masih menurun.

Apakah penurunan rasio gini masih bisa terjadi dalam jangka waktu 2016?

Kemungkinan akan sulit karena selama ini program pemerintah yang memberikan dampak langsung pada masyarakat perdesaan belum berdampak kepada semua lapisan. Bahkan, masyarakat yang memang betul-betul miskin masih banyak yang belum mendapatkan bantuan pemerintah.

Bagaimana dengan keberadaan dana desa?

Dana desa memang masih menjadi program yang bagus. Namun, kita  juga harus melihat implementasinya, apakah dana ini memang sudah berjalan lancar dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat perdesaan atau belum. Ini harus terus dipantau karena bukan hal gampang.   Oleh Debbie Sutrisno, ed: Ferry Kisihandi

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement