Senin 18 Apr 2016 10:42 WIB

Tomat Perangi Efek Radiasi Sinar Gamma

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ani Nursalikah
Tomat
Tomat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian menemukan pigmen merah pada tomat (likopen) terbukti ampuh menjaga tubuh dari efek berbahaya seperti radiasi. Peneliti dari Manchester University, Ruth Edge menyatakan likopen terbukti melindungi efek radiasi pekerja di bagian fasilitas Dalton Nuclear Institute.

Kemungkinan besar peran karotenoid dalam tomat juga membatasi paparan radiasi ini. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam FEBS Letters ini menyebutkan likopen adalah karotenoid paling efektif mengurangi radiasi sinar gamma. Intervensi tambahan dengan makanan berguna menyembuhkan orang-orang yang terkena radiasi.

Tomat yang dimasak dalam minyak membantu tubuh menyerap karotenoid. Oleh sebabnya, Edge menilai penting menambahkan tomat dalam daftar makanan Anda.

"Likopen melindungi sel-sel tubuh secara efisien terhadap radiasi gamma level rendah, tapi tidak pada saat konsentrasi oksigennya tinggi. Kami berharap riset ini dikembangkan lebih jauh untuk menemukan terapi kanker atau tumor akibat radiasi saat level oksigennya tinggi," kata Edge, dilansir dari Medical News Today, Senin (18/4).

Studi lebih lanjut juga diperlukan untuk menemukan karotenoid jenis lain pada buah dan sayuran. Tim juga berencana memelajari pengaruh tinggi rendahnya oksigen terhadap sumber radiasi, seperti proton dan partikel alfa dengan studi kasus di Dalton Cumbrian Facility.

 

Baca: Seorang Remaja Australia Bayar Pajak Lebih Dari Rp 5 M

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement