Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Ahmad Reza Terpilih Sebagai Ketum Forum Humas BUMN

Ahad 17 Apr 2016 15:54 WIB

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Karta Raharja Ucu

Ahmad Reza

Ahmad Reza

Foto: IST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahmad Reza terpilih sebagai Ketua Umum Forum Humas BUMN periode 2016-2019 melalui Musyawarah Nasional forum itu di Yogyakarta, Sabtu (16/4).

Dalam sesi pemilihan ketua umum Forum Humas BUMN yang diikuti perwakilan humas dari 93 BUMN, Ahmad Reza yang merupakan Corporate Communication Head PT Bank Mandiri (Persero) TBK, mengungguli perolehan suara dua kandidat lainnya yakni Pujo Suwarno (Corporate Secretary PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko) dan Muhammad Eriansyah (Corporate Secretary PT Pelindo I).

 

Dalam sambutannya di hadapan peserta Musyawarah Nasional Forum Humas BUMN 2016, Reza berkomitmen mendorong humas BUMN lebih gencar menyuarakan kesuksesan-kesuksesan BUMN dalam mendukung perekonomian ekonomi Indonesia.

"Banyak BUMN di Indonesia yang sudah mampu bersaing di kelas dunia dan memberikan kontribusi tinggi pada perekonomian Tanah Air. Namun, belum banyak masyarakat yang mengetahui. Adalah tugas FH BUMN untuk menyuarakan hal ini. Kalau bukan kita, siapa lagi," ujarnya.

 

Menurut dia, saat ini kondisi perekonomian Indonesia terus berangsur membaik. Hal itu tercermin dengan turunnya suku bunga perbankan, serta laju inflasi yang semakin terkendali.

"Survei Bank Indonesia juga menunjukkan perbaikan indeks kepercayaan masyarakat, yang diharapkan dapat mendongkrak konsumsi rumah tangga. Kita harus mampu menyuarakan peran BUMN dalam perbaikan ini yang disajikan lewat data-data dan informasi yang akurat," kata dia.

 

Agar mampu mengomunikasikannya secara positif, menurut Reza, dalam awal masa baktinya akan meningkatkan kapasitas humas BUMN yang akan dilakukan dengan menggencarkan kegiatan pelatihan dan sertifikasi humas. "FH BUMN harus menjadi tolok ukur dan best practice kehumasan di Indonesia. Menjadi organisasi yang PRO MODIF, Profesional Modern Dinamis, dan Aktif," kata dia.

 

Selain itu, Reza juga berharap seluruh humas BUMN dapat meningkatkan hubungan baik dengan insan media sebagai partner utama dalam menyampaikan berbagai informasi kinerja BUMN ke masyarakat.

 

Deputi infrastruktur bisnis Kementerian BUMN Hambra sependapat dengan Reza. Menurut dia, tenaga kehumasan BUMN harus meningkatkan kemampuan komunikasi publik yang baik untuk memperkuat citra positif kinerja perusahaann di masyarakat.

 

"Jangan sampai opini negatif menutupi banyak kontribusi BUMN yang dipersembahkan kepada bangsa," kata Hambra yang hadir dalam Pembukan Musyawarah Nasional Forum Humas BUMN 2016 di Dalem Wironegaran, Yogyakarta, Jumat.

 

Menurut Hambra, sejarah pembentukan Forum Humas BUMN, antara lain untuk memperkuat kompetensi humas BUMN dengan memunculkan informasi yang berimbang mengenai kinerja BUMN. "Pada awal dulu banyak informasi yang hanya menyoroti tentang sisi negatif BUMN, meskipun jika ditelusuri belum jelas faktanya," kata dia.

 

Ketua Presidium Forum Humas BUMN periode sebelumnya, Purwanto juga berharap dalam masa kepengurusan FH BUMN yang baru lebih mampu mendorong kesadaran humas sebagai garda depan untuk selalu menyuarakan kinerja positif BUMN.

 

"Sebagai corong negara, humas BUMN harus mampu menempatkan diri dalam mengeluarkan informasi kepada publik," kata dia.

Terpilihnya Reza sebagai Ketua Umum FH BUMN yang baru, sekaligus mengakhiri agenda Musyawarah Nasional (Munas) FH BUMN 2016 yang berlangsung sejak Jumat (15/4) yang telah mengesahkan amandemen Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga FH BUMN, serta mengesahkan program kerja forum itu untuk periode 2016-2019.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA