Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Ada DexLite, Mitsubishi tak Ubah Mesin

Ahad 17 Apr 2016 12:35 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Petugas bersiap mengisi BBM non subsidi terbaru Pertamina Dexlite pada mobil di SPBU, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (15/4).

Petugas bersiap mengisi BBM non subsidi terbaru Pertamina Dexlite pada mobil di SPBU, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (15/4).

Foto: Antara/Sigid Kurniawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini, Pertamina, meluncurkan varian bahan bakar minyak baru untuk mesin diesel, DexLite, yang secara harga dan kualitas berada di antara solar biasa dengan Pertamina Dex.

Pihak distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, menyatakan mereka tidak akan melakukan perubahan jenis mesin untuk kendaraan penumpang yang mereka pasarkan di Indonesia hanya demi merespon kebijakan tersebut.

"Saat ini kendaraan penumpang kami yang masih ada pakai mesin nondiesel itu Mirgae, Outlander Sport dan Delica. Segmentasinya terbatas juga sehingga saya rasa kami tidak ada rencana mengubah mesin hanya demi menyeseuaikan kehadiran DexLite," kata Kepala Departemen Humas MMC KTB, Intan Vidiasari, di sela-sela gelaran Indonesia International Motor Show 2016, JI Expo Kemayoran, Jakarta, 7-17 April.

Di sisi lain, mobil bermesin diesel justru menjadi tulang punggung sektor kendaraan penumpang Mitsubishi yakni All New Pajero Sport, sehingga kehadiran DexLite justru disambut positif oleh pabrikan Jepang itu.

Sementara itu, untuk mobil Small MPV yang bakal diproduksi Mitsubishi di Indonesia mulai April 2017 juga disebutkan Intan masih akan menggunakan mesin berbahan bakar bensin.

"Intinya tidak ada arahan dari prinsipal untuk mengikuti perkembangan bahan bakar di Indonesia, dalam arti keputusan produk disesuaikan itu, tetapi kalau dalam ukuran memperhatikan perkembangan permintaan tentu harus ditempuh," kata Intan.

Dexlite, yang dibanderol seharga Rp 6.750 per liter, diposisikan berada di antara Pertamina Dex dan Solar biasa, yang masing-masig dijual seharga Rp 8.600 per liter dan Rp 5.150 per liter.

Berdasarkan kandungannya, DexLite memiliki kandungan cetane minimal 51 dan sulfur maksimal 1.200 part per million (PPM).

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA