Rabu 13 Apr 2016 09:35 WIB

Marquez Tiru Gaya Yamaha Taklukkan COTA

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: M Akbar
Marc Marquez
Foto: EPA/DAVID FERNANDEZ
Marc Marquez

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTIN -- Jagoan Repsol Honda, Marc Marquez, menjadi jawara pada balapan MotoGP Austin, Amerika Serikat di Circuit of The America (COTA) akhir pekan lalu.

Ini adalah kemenangan Marquez empat kali berturut-turut di sirkuit yang sama. Mau tahu rahasia rider muda ini dalam menaklukkan COTA akhir pekan lalu?

"Tahun ini di COTA aku sedikit mengubah gaya membalapku lebih menyerupai Yamaha. Yamaha sangat bisa masuk ke sudut-sudut lebih luas untuk mempersiapkan diri menaklukkan sudut-sudut tajam,'' kata Marquez, dilansir dari Motorsport Magazine, Rabu (13/4).

''Tahun lalu kami (Honda) lebih cepat mengubah arah motor saat menuju tikungan, sementara tahun ini sedikit diperlambat, namun kecepatan tetap terjaga. Rasanya diawal sedikit aneh, tapi itu juga didukung karakter mesin."

Sirkuit Austin sangat terkenal memusingkan. Urutannya seperti ular dengan banyak sudut tajam. Pembalap dalam waktu rata-rata 30 detik harus mengarahkan motornya ke kiri dan kanan secara bergantian hingga sembilan kali. (Baca: Pedrosa Ingin Sayap Tambahan Dihapus)

Sirkuit ini tak ubahnya seperti lapangan pacuan kuda khas Texas yang juga dikenal sebagai Negeri Koboi. Hanya pembalap handal yang bisa menaklukkan arena balap ini dengan cerdas.

Mesin baru Honda diakui Marquez sangat membantu. Namun, kemenangan sesungguhnya bergantung pada kemampuan pembalap seperti bunglon yang beradaptasi dengan teknologi baru MotoGP.

Pada dua balapan terakhir, pria 23 tahun itu semakin bisa menguasai RCV-nya dengan desain ban Michelin yang rumit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement