Sabtu 09 Apr 2016 19:21 WIB

10 Cara Cegah Sengatan Panas

Rep: c21/ Red: Ani Nursalikah
Cuaca panas (ilustrasi)
Foto:

6. Minum limun dan air kelapa dapat membantu tubuh Anda tetap dingin karena memenuhi bantuan air. Selain itu, memberikan elektrolit alami jauh lebih baik daripada meminu minuman olahraga. Minuman limun dengan sedikit garam, atau satu sendok teh gula dan secubit natrium birkarbonat atau baking soda dapat mencegah tubuh Anda dari sengatan. Buttermilk adalah minuman buatan sendiri dan sangat baik untuk membuat tubuh tetap dingin.

7. Tubuh manusia diberkati dengan pengatur suhu alami yang membuat suhu tubuh selalu pada tingkat optimal. Ketika panas, tubuh akan mulai berkeringat dan bertindak sebagai pendingin. Namun jika tidak ada keringat, maka Anda harus berhati-hati karena mungkin ada sesuatu yang tidak beres. Sebab bisa jadi itu adalah tanda-tanda dari sengatan panas yang akan datang. Tetap waspada dan mencari tanda-tandanya seperti apa dan mengambil langkah-langkah pencegahan segera.

8. Hal terbaik untuk mencegah sengatan panas adalah tetap berada di dalam ruangan atau melindungi diri dari panas matahari. Jika hal ini tidak mungkin, maka lindungi diri Anda dengan payung, topi lebar dan kenakan pakaian longgar berwarna cerah. Anda juga dapat menggunakan tabir surya dari SPF 15 atau lebih tinggi.

9.B ermain di luar ruangan atau bekerja di bawah sinar matahari dapat berisiko lebih banyak. Hindari bekerja pada jam sibuk dengan menjadwalkan untuk bekerja saat waktu lebih bersahabat seperti pagi atau malam hari.

10. Jangan pernah meninggalkan bayi atau anak kecil di mobil tertutup bahkan untuk sesaat. Berhati-hatilah untuk tidak berada di tempat-tempat keramaian, tidak memiliki ventilasi yang memadai sebab kemungkinan terperangkap pada pengaruh panas bisa sangat tinggi di ruang tertutup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement