Rabu 06 Apr 2016 12:54 WIB

4 Tes Kesehatan yang Perlu Dilakukan Sebelum Menikah

Rep: Puti Almas/ Red: Andi Nur Aminah
Pasangan yang menikah (ilustrasi)
Foto: independent
Pasangan yang menikah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Menikah menjadi tujuan dari hampir setiap pasangan yang menjalin hubungan percintaan. Baik laki-laki maupun perempuan biasanya memiliki cita-cita yang ingin diwujudkan bersama-sama melalui komitmen seumur hidup tersebut. 

Berbagai hal pun harus dipersiapkan sebelum menikah. Tentunya, tak hanya kesiapan dalam menyelenggarakan sebuah acara, namun masing-masing pasangan harus matang secara lahir dan batin. 

Bahkan, beberapa tes kesehatan perlu dilakukan oleh setiap pasangan yang hendak menikah. Tujuannya adalah agar baik laki-laki maupun perempuan mengetahui kondisi tubuh yang mereka miliki tak akan memengaruhi kebahagiaan saat telah berkeluarga nanti. 

Dilansir Bold Sky, inilah beberapa jenis tes ksehatan yang sebaiknya dilakukan pasangan sebelum menikah :

 

Tes kesuburan

Banyak orang yang menikah dengan tujuan memiliki keturunan. Karena itu, sebelum resmi berkomitmen, mereka sebaiknya melakukan tes kesuburan seperti bagi pria dengan melihat kualitas sperma yang dimiliki dan perempuan untuk memperhatikan kesehatan rahim. 

 

Tes STD

Tes ini merupakan jalan untuk mengetahui apakah dalam tubuh terdapat beberapa penyakit menular seksual berbahaya seperti sifilis, gonorrhoea dan herpes. Hal ini penting untuk diketahui karena kelak Anda dan pasangan melakukan aktivitas seksual dan tentunya sangat baik jika keduanya berada dalam keadaan sehat. 

 

Tes penyakit darah

Tes penyakit atau gangguan dalam darah sangat penting. Dengan adanya gangguan dalam darah, hal ini dapat rentan menyebabkan kematian janin.

 

Tes genetik

Beberapa penyakit yang ada di dunia ini bersifat keturunan. Karena itu, jika Anda atau pasangan memiliki keluarga dan menderita penyakit diabetes, kanker payudara dan paru-paru, maka kelak anak Anda bisa mengalami hal ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement