Selasa 05 Apr 2016 16:26 WIB

New Piston Skirt, Janjikan Penurunan dalam Gesekan Mesin

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Winda Destiana Putri
New Piston Skirt
Foto: Gizmag
New Piston Skirt

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam pembakaran mesin, piston skirt dan pin account seringkali menyebabkan penurunan performa mesin akibat adanya gesekan mesin sekitar 17 persen.

OE produsen powertrain Federal-Mogul telah mengumumkan dua lapisan generasi baru yang diklaim untuk mengurangi gesekan ini hingga 15 persen dibandingkan dengan lapisan standar.

Para ahli pun telah berusaha untuk mengatasi kerugian gesekan di piston skirt dan pin dengan mengoptimalkan geometri dari jarak piston dan pin yang memanfaatkan lapisan terdepan pada dinding silinder dan piston skirt. Dengan cara seperti itu, bisa menekan panjang umur dari mesin, menghemat bahan bakar dan kekuatan daya mesin.

"Pelapis EcoTough terbaru untuk mesin bensin dan diesel mengambil langkah lebih lanjut, mengurangi keausan pinggiran dalam mesin bensin hingga 40 persen dibandingkan dengan standar pasar saat ini," kata Federal Mogul Powertrains dilansir dari Gizmag, Senin (4/4).

Dijelaskan bahwa, lapisan tersebut adalah resin oksida yang diperkuat logam dengan tertanam partikel pelumas padat dan diterapkan dalam ketebalan 15 mikron ke permukaan pinggiran piston. Akibatnya, akan ada pengurangan gesekan hingga 15 persen dibandingkan dengan lapisan standar.

"Artinya, secara langsung meningkatkan efisiensi dasar mesin, saat ini pengujian validasi hampir selesai, yang mengarah ke lapisan baru datang ke pasar," tambahnya.

Menurut Federal Mogul, varian diesel dari lapisan, disebut EcoTough-D, dikembangkan untuk kedua aluminium dan diesel baja piston dan dapat digunakan di kedua kendaraan penumpang dan kendaraan komersial berat. Karena kekakuan struktural mesin diesel dan pelumasan bahan bakar diesel yang lebih tinggi, formulasi ini lapisan harus memberikan peningkatan yang lebih besar.

Varian diesel adalah lapisan polimer berbasis diperkuat dengan serat karbon pendek dengan grafit tertanam sebagai pelumas padat dan dapat mengurangi gesekan piston sebanyak 35 persen dibandingkan dengan lapisan konvensional dan meningkatkan ketahanan aus hingga 30 persen. Federal-Mogul berharap kedua lapisan tersebut sudah berada di pasar otomotif pada 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement