Sabtu 02 Apr 2016 21:34 WIB

Empat Mahasiswa Asing Juara Darmasiswa

Logo Universitas Ahmad Dahlan
Logo Universitas Ahmad Dahlan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Empat mahasiswa asing yang mengikuti program darmasiswa di Unversitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyaakarta berhasil menjuarai kompetisi unjuk kebolehan dalam bahasa dan kesenian Indonesia di ajang  darmasiswa got talent di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, akhir Maret lalu.

Ajang tersebut diiikuti semua perguruan tinggi yang memiliki program darmasiswa dari Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi. "Kita berhasil meraih tiga piala sekaligus," ujar Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UAD, Ida Puspita, Sabtu (2/4).

Keempat mahasiswa asing peserta program darmasiswa di UAD yang menjuarai ajang tersebut adalah Liana Snytsar (Ukraina), Shakir Samadamaeng (Thailand), Kim Soo Yeon (Korea Selatan) dan Li Lening (China). 

Liana Snytsar berhasil meraih juara I lomba pidato Bahasa Indonesia. Sedangkan rekannya Shakir Samadamaeng mahasiswa asal Thailand meraih juara II di ajang yang sama. Selain itu tim tari darmasiswa UAD yang terdiri atas Liana Snytsar, Kim Soo Yeon dan Li Lening berhasil meraih juara II di ajang pagelaran tari pada kompetisi tersebut. Ketiganya menarikan Tari Piring dari Sumatera Barat.

"Ini sangat membanggakan dan menjadi pengalaman berharga bagi saya saat belajar di Indonesia," ujar Shakir. Sementara itu menurut Ida Puspita, jumlah total mahasiswa asing yang mengikuti program darmasiswa di UAD sebanyak 6 orang tahun ini. Mereka berasal dari Ukraina, Thailand, Tiongkok, dan Korea Selatan.

"Program ini dibiayaii dari kementrian kita hanya diamanahi enam mahasiswa tahun ini. Mereka dijadikan satu dalam kelas khusus untuk belajar bahasa, budaya dan seni Indonesia," ujarnya.

Selain darmasiswa, di UAD juga banyak mahasiswa asing yang menimba ilmu di kampus tersebut. Melalui program //joint degree// dengan beberapa perguruan tinggi di dunia terdapat 170 mahasiswa asing yang belajar di UAD tahun ini. Sedangkan mahasiswa asing yang mengambil kelas reguler di UAAD sebanyak 36. Total jumlah mahasiswa asing yang belajar di UAD tahun ini ada 230 mahasiswa.

"Ke depan kita berharap semakin banyak. Tahun 2016 ini kita akan tambah 15 mahasiswa dari program darmasiswa ini," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement