Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Suporter Bola Tandatangani Deklarasi Damai

Sabtu 02 Apr 2016 16:53 WIB

Rep: c30/ Red: Dwi Murdaningsih

Sepak Bola

Sepak Bola

Foto: fcsmj.fr

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat kesebelasan sepakbola Indonesia melakukan penandatanganan deklarasi damai di Polda Metro Jaya, Sabtu (2/4). Penandatanganan deklarasi damai dihadiri oleh ketua umum dan suporter Jak Mania, Persib, Sriwijaya FC, dan Bali United.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Muhammad Iqbal mengatakan penandatanganan deklarasi damai dilakukan menjelang diselenggarakannya pertandingan Final Piala Bhayangkara Cup 2016 di Stadion Gelora Bung Karno. Perjanjian sebagai salah satu upaya pihak kepolisian dan para koordinator supporter untuk mencegah terjadinya bentrokan antar suporter sebelum maupun setelah pertandingan.

"Kita berkumpul siang ini untuk bersama-sama menunjukkan komitmen mendukung aparat keamanan dalam menciptakan kondisi yang aman," ujar Iqbal di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (2/4).

Iqbal mengatakan dalam perebutan Piala Bhayangkara Ahad (3/4) nanti bukan tentang siapa yang kalah dan siapa yang menang. Namun dirinya mengharapkan supaya para suporter sepak bola Indonesia dapat membuktikan pertandingan berjalan dengan damai.

Adapun isi surat deklarasi damai tersebut berisi tujuh poin.
1. Pengurus pusat The Jakmania melarang keras seluruh anggota maupun simpatisan Organisasi The Jakmania untuk hadir di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada final Piala Bhayangkara Cup yang diadakan hari Minggu, 3 April .016.
2. Pengurus pusat The Jakmania mengimbau menyarankan, dan menginstruksikan kepada seluruh anggota agar tidak melakukan memposting ke media sosial yang bersifat provokasi, rasis, sara, serta hal-hal negatif lainnya termasuk dalam kategori hate speech.
3. Pengurus pusat  The Jakmania mengimbau pada anggota The Jakmania yang masih berstatus pelajar untuk konsentrasi pada persiapan Ujian Nasional maupun ujian semester yang diadakan di institusi masing-masing.
4. Apabila masih ditemukan  pelanggaran dan atau pembangkangan terhadap pernyataan organisasi maka akan jadi tanggung jawab sendiri dan tidak mengatasnamakan The Jakmania dan akan diproses sesuai dengan  hukum dan oleh pihak yang berwajib.
5. Kita tunjukkan kepada masyarakat sepak bola dan umum bahwa The Jakmania adalah tuan rumah yang baik, dewasa dan suportif dalam mendukung sepak bola Indonesia secara umum dan Persija Jakarta secara khusus demi kelancaran final Piala Bhayangkara.
6. Seluruh anggota dan jajaran pengurus diharapkan fokus kepada acara Trofeo Persija yang sebentar lagi diadakan, serta fokus pada Persija Jakarta dalam menghadapi Indonesia soccer competition (ISC).
7. Demi kelancaran acara Persija Jakarta di Jakarta dalam waktu mendatangkan maka kita wakil untuk membuat segala sesuatunya menjadi aman, nyaman, dan tentram.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA