Sabtu 02 Apr 2016 15:45 WIB

Kacang-Kacangan Buat Perut Kenyang Lebih Lama

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Kacang-kacangan
Foto: The Guardian
Kacang-kacangan

REPUBLIKA.CO.ID, Kacang-kacangan merupakan makanan yang telah lama dikenal khasiatnya. Efek menurunkan berat badan juga sudah menjadi bukti utama.

Hanya dengan mengonsumsi kacang-kacangan satu porsi sehari atau tiga perempat cangkir, sudah memberikan kontribusi yang nyata.

Baik mengonsumi kacang, kacang polong, buncis, atau jenis lainnya, sudah dapat menurunkan berat badan dan membuat rasa kenyang menjadi tahan lama.

Di samping itu, menurut penelitian yang dilakukan  Li Ka Shing Knowledge Institute of St Michael's Hospital di Toronto, Kanada, kacang-kacangan juga sangat baik memerangi kolesterol jahat atau LDL.

"Hanya 13 persen dari masyarakat Kanada memakan kacang-kacangan pada hari tertentu dan kebanyakan tidak makan porsi penuh. Jadi ada ruang bagi kebanyakan dari kita untuk menggabungkan kacang-kacangan makanan dalam diet serta menyadari manfaat manajemen berat badan potensial," ujar penulis utama penelitian Dr Russell de Souza dikutip dari Independent, Sabtu (2/4).

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The American Journal of Clinical Nutrition menegaskan mengonsumsi kacang-kacang dapat mengurangi masalah buruk yang diakibatkan LDL. Diperkirankan, sebanyak lima persen risiko penyakit kardiovaskular dapat ditekan.

"Meskipun penurunan berat badan kecil, temuan kami menunjukkan kacang-kacangan dapat mencegah berat badan tubuh kembali lagi," ujar Dr de Souza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement