Kamis 31 Mar 2016 17:52 WIB

Siapkan Diri Jelang UN, Ribuan Siswa akan Ikuti Istighasah

Murid MTsN Model Banda Aceh shalat berjamaah sebelum pengumuman kelulusan ujian nasional di Banda Aceh, Sabtu (2/6)/Ilustrasi.
Foto: Antara/Ampelsa/ed/ama/12
Murid MTsN Model Banda Aceh shalat berjamaah sebelum pengumuman kelulusan ujian nasional di Banda Aceh, Sabtu (2/6)/Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Ribuan siswa calon peserta ujian nasional tingkat SMA/MA dan SMK/sederajat di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan mengikuti kegiatan istighasah pada Jumat (1/4) besok. Kegiatan itu untuk mempersiapkan mental siswa dalam menghadapi ujian.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram H Sudenom di Mataram, Kamis, mengatakan kegiatan istighasah peserta UN tingkat SMA/MA dan SMK/sederajat sebanyak 7.061 siswa dipusatkan di masing-masing sekolah.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya istighasah dilaksanakan secara serentak di Masjid Raya At-Taqwa, namun tahun ini kita pusatkan di masing-masing sekolah agar lebih fokus," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan istighasah di sekolah dinilai lebih mudah. Di sekolah, semua siswa dari berbagai agama bisa berdoa lebih khusyuk pada tempat yang ditentukan oleh sekolah masing-masing.

Di samping itu, pengawasan terhadap siswa juga lebih mudah karena semua guru yang ada di sekolah juga ikut serta mengikuti istighasah. "Pada prinsipnya, kegiatan istighasah bertujuan untuk memohon doa agar dalam proses pelaksanaan ujian nasional baik reguler maupun ujian berbasis komputer (UNBK) berjalan lancar," katanya.

Data Dikpora Kota Mataram menyebutkan, siswa tingkat SMA/MA, dan SMK/sederajat di Kota Mataram yang akan mengikuti ujian nasional baik reguler maupun UNBK sebanyak 7.061 siswa dan tersebar pada 11 rayon di enam kecamatan se-Kota Mataram.

Dengan jumlah peserta UN sebanyak itu, sekolah telah menyiapkan 379 ruangan, dengan 616 pengawas. UN dan UNBK berlangsung tanggal 4-7 April 2016. Menyinggung target kelulusan untuk pelaksanaan UN dan UNBK tingkat SMA/sederajat tahun 2016, Dikpora menargetkan tingkat kelulusan sebesar 100 persen dengan kualitas bagus dan jujur.

Target itu ditetapkannya berdasarkan dari hasil evaluasi "try out" yang telah dilaksanakan baik untuk sekolah yang melaksanakan UN maupun UNBK hasilnya sudah cukup baik. "Nilai hasil 'try out' rata-rata berada di atas standar nasional yakni 5,5," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement