Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Lima Hal Tentang Madu yang Perlu Diketahui

Selasa 29 Mar 2016 08:14 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Andi Nur Aminah

Madu

Madu

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Manusia telah menggunakan madu sebagai bahan makanan dan obat-obatan sejak zaman kuno. Namun, benarkah madu adalah bahan makanan dan obat-obatan yang sepenuhnya menyehatkan?

Para ilmuwan terus mempelajari bagaimana madu bisa bermanfaat dan tidak bermanfaat bagi kesehatan Anda. Berikut ulasannya, dilansir dari Safebee

 

Penyembuhan luka

Mesir kuno, Cina, Yunani dan Romawi menggunakan madu untuk mengobati luka. Selama Perang Dunia I, tentara Rusia juga mempersiapkan madu untuk mencegah infeksi luka.

Para ahli menemukan, madu dapat menghambat sekitar 60 spesies bakteri, dan beberapa virus, serta jamur. Madu juga memiliki sifat anti-inflamasi.

Dalam satu studi, peneliti membandingkan balutan madu dengan balutan biasa di 52 pasien operasi plastik yang memiliki dua sayatan simetris. Mereka menerapkan balutan madu di satu sayatan dan balutan biasa konvensional di sayatan lain.

Setelah enam bulan, sayatan yang dalam balutan madu memiliki bekas luka yang mengecil. Para ahli menyimpulkan, proses penyembuhan luka bedah dan dapat menggunakan madu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA