Kamis 24 Mar 2016 07:23 WIB

Berkeringat Saat Tidur? Ini 4 Penyebab Utamanya

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Tidur
Foto: pixabay
Tidur

REPUBLIKA.CO.ID,  Jika Anda pernah terbangun bersimbah keringat, Anda mungkin bertanya-tanya. Mengapa saya  berkeringat saat tidur? Jika itu terjadi berulang kali, mungkin berhubungan dengan kondisi kesehatan Anda dan mungkin memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Hal ini juga terjadi pada anak-anak dan wanita yang sudah menopause.  Dilansir dari laman About, berikut beberapa alasan mengapa tubuh berkeringat saat tidur.

Temperatur atau suhu tubuh dan suasana ketika tidur

Pertama, alasan yang paling umum Anda berkeringat di malam hari adalah tingginya suhu tubuh karena lingkungan tidur yang hangat.

Jika kamar tidur Anda memiliki termostat, memakai piyama berbulu, atau memakai selimut, itu tidak mengherankan jika Anda menjadi terlalu panas dan mulai berkeringat. Ini jelas normal.

Ada juga variasi normal suhu tubuh saat tidur. Kebanyakan orang akan mengalami penurunan inti suhu tubuh pada pagi hari sekitar pukul 04.00 pagi. Selain itu, selama fase tidur tertentu, sistem saraf otonom (yang mengontrol suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, dan faktor lainnya) menyebabkan berkeringat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement