Rabu 23 Mar 2016 18:49 WIB

Anak Muda Didorong Kembangkan Wirausaha Kreatif di Sektor Online

Koordinator Indonesia Entrepreneurship Initiative, Mirwan Suwarso (tengah) dan Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM, Braman Setyo dalam Diskusi Anak Muda Punya Usaha (AMPUH) di Jakarta, Rabu (23/3).
Foto: dok
Koordinator Indonesia Entrepreneurship Initiative, Mirwan Suwarso (tengah) dan Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM, Braman Setyo dalam Diskusi Anak Muda Punya Usaha (AMPUH) di Jakarta, Rabu (23/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerakan Anak Muda Punya Usaha (AMPUH) yang digagas tokoh muda Dimas Oky Nugroho, mengadakan diskusi dengan tema “Anak Muda Kreatif dan UMKM Digital”, Rabu (23/3). Diskusi juga dihadiri Koordinator Indonesia Entrepreneurship Initiative, Mirwan Suwarso, dan Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM, Braman Setyo.

Pendiri AMPUH, Dimas Oky menyatakan sudah saatnya Indonesia memberikan perhatian yang super serius dengan kebangkitan kaum muda kreatif untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Menurutnya, anak-anak muda Indonesia tidak kalah kualitasnya dengan anak-anak muda negara maju sekalipun dalam hal industri kreatif.

“Khusus di era digital ini, maka dengan berwirausaha di situlah sesungguhnya nasionalisme anak-anak muda berwujud”, tegas Dimas di Bakoel Koffe, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (23/3).

Acara yang bekerja sama dengan Forum Berbagi Info (FBI) ini membahas peluang emas UMKM digital di Indonesia. Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM, Braman Setyo mengatakan, salah satu peluangnya adalah program bantuan modal UMKM berbasis digital dari Kemenkop dan UKM melalui Kredit Usaha Rakyat.

“Tahun ini kita telah menyalurkan KUR kepada UMKM berbasis digital sekitar 17.000 UMKM. Saya berharap di tahun 2017 mendatang UMKM digital ini makin bertambah banyak dan kami siap memfasilitasi,” kata pria yang akrab disapa Bram ini.

Sementara itu, Koordinator Indonesia Entrepreneurship Initiative, Mirwan Suwarso menilai bagi anak muda yang ingin memiliki usaha harus jeli melihat peluang. Mirwan yang juga dikenal sebagai sutradara ini mencontohkan keberadaan aplikasi SuperSoccer TV yang berhasil membeli lisensi Manchester United TV (MUTV) dan sejumlah program tayangan Liga Italia dan Liga Spanyol.

Aplikasi Mobile TV ini membuka peluang anak muda jika ingin memulai usaha. MUTV adalah satu aplikasi yang menampilkan 24 jam highlight Premier Liga Inggris dan liga eropa lainnya dimana aplikasi ini bisa disaksikan melalui smart phone. Mirwan menyatakan masa depan dunia informasi akan berada di jalur teknologi online.

 

“Namun yang terpenting adalah sejauh mana dengan inisitif kewirausahaan dan berkomunitas maka kesempatan untuk anak muda memulai berwirausaha menjadi lebih terbuka. Indonesia menjadi lebih baik jika anak-anak mudanya memulai wirausaha sejak dini,” jelasnya.

Acara AMPUH ini pun menjadi trending topic di media sosial dengan tagar #AnakMudaPunyaUsaha. Juru Bicara Gerakan AMPUH, Restu Utami, menyatakan Gerakan AMPUH bertujuan untuk menggencarkan minta wirausaha untuk anak-anak muda sekaligus membangun jembatan sinergi bagi pemerintah, swasta dan pelaku wirausaha digital kreatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement