Selasa 22 Mar 2016 21:09 WIB

Sempat Absen karena Asap, Tour de Bintan Kembali

Rep: Ali Mansur/ Red: Citra Listya Rini
Tour de Bintan.
Foto: Antarafoto
Tour de Bintan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah absen satu tahun karena kondisi asap, Tour de Bintan kembali digelar. Tour de Bintan edisi keenam tersebut, akan digelar pada 1-3 April 2016. Kementerian Pariwisata mendukung Pemerintah Kabupaten Bintan pada Event Tour de Bintan tersebut.

Dalam rilis yang diterima Republika ajang perlombaan sepeda internasional itu akan diikuti oleh 800 peserta dengan 40 negara, dan 70 tim sepeda. Singapura menjadi negara yang mendominasi dengan 30 persen dari jumlah peserta.

Untuk peserta Tour de Bintan Indonesia sendiri hanya menyumbang enam persen dari jumlah total jumlah peserta itu. Kementerian Pariwisata berharap dengan adanya Tour de Bintan mampu menyedot turis lebih banyak lagi.

"Kami mendukung penyelenggaraan Tour de Bintan dan berharap agar ajang ini dapat mendatangkan wisatawan dari berbagai negara terutama peserta lomba," kata Menteri Pariwisata,Arief Yahya saat jumpa pers di Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (22/3)

Sementara itu, total rute yang ditempuh oleh peserta mencapai 260km. Rute Grand Fondo Classic akan ditempuh sejauh 153km. Kemudian Grand Fondo Challenge akan ditempuh dengan jarak 82 km.

Pemenang akan mendapatkan hadiah 10 ribu dolar AS. Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan, pihaknya mengeluarkan anggaran Rp1,7 miliar untuk biaya persiapan. "Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan didapatkan dari even tersebut mencapai Rp 1,5 miliar," kata Apri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement