Rabu 23 Mar 2016 08:01 WIB

4 Cara Sederhana Kuatkan Tulang Wanita

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Wanita lari joging
Foto: pexels
Wanita lari joging

REPUBLIKA.CO.ID, Tulang merupakan bagian tubuh yang paling vital untuk setiap makhluk hidup. Tulang dikatakan sebagai penopang untuk tubuh. Pentingnya fungsi tulang dalam tubuh tentu mengharuskan menjaga dan menguatkan tulang agar saat tua nanti tidak mengalami gangguan penyakit pada tulang seperti osteoporosis.

Menurut studi New England Journal of Medicine, berjalan dapat mengurangi risiko patah tulang pinggul sebesar 30 persen. “Berjalan secara inheren baik untuk tulang. Dengan berjalan menambahkan lebih banyak beban dan menekan tulang untuk membangun lebih banyak sel," kata Karen Friel, terapi fisik departemen kesehatan New York Institude of Technology.

Dalam dunia medis proses tubuh menguatkan setiap bagian tulang dalam tubuh itu memang terjadi di saat usia-usia muda. Bahkan seiring dengan pertambahan usia lambat laun proses penguatan mulai berkurang, tapi kondisi seperti ini sebenarnya masih bisa di atasi. Dilansir dari Prevention, berikut beberapa cara sederhana yang aman dan efektif untuk menguatkan tulang.

Joging

Lebih dari 60.000 wanita menopause yang melakukan joging setidaknya 4 kali seminggu memiliki risiko jauh lebih rendah terkena patah tulang pinggul dibandingkan perempuan yang berjalan pada kecepatan yang lebih santai. Joging merupakan alternatif bagi orang-orang dengan nyeri punggung atau masalah sendi. Sebaiknya usahakan melakukan joging dengan intens setiap harinya, bahkan joging juga salah satu rahasia umur panjang masyarakat Jepang.

Berjalan mundur atau ke samping

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Osteoporosis International ditemukan, dengan berjalan mundur atau ke samping dapat meningkatkan kepadatan tulang. Peneliti merekomendasikan melakukan jalan ke samping selama 30 detik, berjalan mundur 30 detik dan ulangi selama 3 sampai 5 menit.

(baca: 5 Alas Kaki dengan Dampak Terburuk Bagi Kesehatan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement