Selasa 22 Mar 2016 15:26 WIB

Adik-Adik, Yuk Coba Lomba Karya Sains Sederhana

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sains dan anak-anak.
Foto: voa
Sains dan anak-anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Kalbe Farma Tbk meluncurkan kembali program Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2016. Kegiatan ini merupakan program penghargaan terhadap karya sains terbaik di Indonesia pada tingkat Sekolah Dasar (SD).

Direktur PT Kalbe Farma, Vidjongtius menerangkan, pada dasarnya ini merupakan program lomba karya sains nasional tingkat nasional pada sekolah dasar. Kegiatan ini mengajak anak-anak untuk menghasilkan karya sains mengenai permasalahan dengan pengamatan sekitar. “Kemudian mencari jawabannya,” kata Vidjongtius dalam Peluncuran Program KJSA 2016 di Gedung A, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta, Selasa (22/3).

Menurut Vidjongtius, tema perlombaan ini tidak ditentukan. Siswa bebas berkreasi dalam memilih tema penelitiannya. Dia mencontohkan seperti lingkungan hidup, tempat tinggal, masyarakat, energi, makhluk hidup dan sebagainya.

Sosialisasi pendaftaran peserta dimulai dari 22 Maret sampai 15 Juni 2016. Pada kegiatan ini, peserta wajib menyelesaikan administrasinya termasuk mengirimkan ringkasan hasil karya ide sains dengan penjelasan alasan memiliki ide penelitian masing-masing melalui daring www.kalbe-kjsa.com. Kemudian menerangkan hal yang akan dibahas dan solusi yang hendak dipaparkan.

Poin yang dinilai adalah isi keaslian ide dan proses realisasi ide. Selain itu, manfaat dari hasil karya bagi lingkungan sekitar dan masyarakat juga akan dinilai. Dari penilaian ini, dewan juri akan memilih 18 finalis berdasarkan nilai tertinggi. Selanjutnya seluruh finalis beserta pembimbing akan diundang ke Jakarta pada 18 sampai 22 Juli 2016 untuk presentasi karya di depan dewan juri. Kemudian dari penilaian ini akan dipilih sembilan pemenang karya terbaik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement