Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Ribuan Sopir Diperkirakan Kepung DPR dan Istana

Selasa 22 Mar 2016 06:49 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Winda Destiana Putri

Demo sopir angkutan umum

Demo sopir angkutan umum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat ( PPAD) akan menggelar aksi mogok massal dan unjuk rasa di depan gedung DPR dan Istana Merdeka.

Sekitar 10 ribu pengemudi akan berunjuk rasa dengan tuntutan menutup aplikasi transportasi daring yang menggunakan mobil pelat hitam.

"Diperkirakan akan ada 5.000 sampai 10 ribu massa yang akan ikut aksi ini. Bahkan bisa lebih, karena mereka biasanya spontan gabung aksi," kata Humas PPAD Suharto.

Ia mengatakan unjuk rasa akan dilakukan mulai pukul 10.00 hingga 18.00 WIB. Ia menegaskan aksi kali ini merupakan aksi damai. Sehingga tak ada sweeping yang akan dilakukan terhadap sopir-sopir lain yang enggan berpartisipasi.

"Besok aksi damai jadi tidak ada sweeping terhadap armada yang sedang mengangkut penumpang," jelasnya.

Ia menyebut para sopir angkutan kecewa dengan pihak istana karena aksi pertama yang dilakukan beberapa waktu lalu tak menjawab aspirasi mereka.

Pemerintah juga melegalkan dan menyetujui adanya koperasi bagi angkutan berbasis online beberapa hari setelahnya.

"Kita kecewa. Kita ditemui Mensesneg, Kemenhub dan perwakikan Kominfo. Mereka bilang dikasih waktu 15 hari untuk sidang panel. Tapi apa? selang sehari mereka (pemerintah) mengumpulkan pihak aplikasi online dan menyetujui mereka membuat koperasi, gimana kita gak kecewa," ucap dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA