Ahad 20 Mar 2016 00:02 WIB

Gigi Sering Ngilu? Mungkin Ini Sebabnya

Rep: Aprilia Safitri Ramdhani/ Red: Indira Rezkisari
Sikat gigi
Foto: pixabay
Sikat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, Sering merasa ngilu pada gigi, terutama ketika mengkonsumsi makanan panas atau dingin? Ternyata penyebabnyab isa diakibatkan oleh menyikat gigi yang terlalu keras.

Dalam keadaan ini gigi kita kerap disebut sebagai gigi sensitif. Keadaan gigi sensitif ini merupakan akibat dari kelainan lokal pada gigi yang bisa disebabkan oleh lubang pada gigi, serta abrasi pada gigi itu sendiri.

Menurut Ketua Umum PB PDGI drg. Farichah Hanum, M.Kes kebanyakan orang mungkin tidak menyadari lubang yang ada pada giginya. Mereka baru sadar ketika terjadi rasa ngilu akibat timbulnya karies pada gigi.

"Kalau ngilu akibat abrasi gigi biasanya menyebabkan hilangnya lapisan email gigi, akibat trauma atau akibat gosok gigi terlalu keras," kata dia dalam acara Perayaan Hari Kesehatan Gigi Dunia di Jakarta.

Ia juga mengungkapkan, faktanya banyak masyarakat yang masih menyikat giginya terlalu keras. Padahal menyikat gigi tidak perlu terlalu keras, karena justru akan merusak gigi dan menyebabkan abrasi hingga lapisan email gigi perlahan menghilang.

Jika lapisan email gigi sudah menghilang, maka gigi sudah tidak ada perlindungan lagi. Sehingga gigi menjadi mudah berlubang dan menyebabkan ngilu hingga gigi sensitif.

(baca: Kulit Kacang Bisa Atasi Karang Gigi! Ini Caranya...)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement