Sabtu 19 Mar 2016 23:06 WIB

Rokok, Miras, dan Stres Picu Penyakit Ginjal

Penderita penyakit ginjal (ilustrasi).
Foto: Ahchealthenews.com
Penderita penyakit ginjal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Siloam Makassar, Dr dr Haerani Rasyid, Sp.PD mengajak masyarakat menyayangi fungsi ginjal dengan mengelar edukasi kesehatan dengan pola hidup sehat.

"Pola hidup sehat dengan mengkomsumsi makan bergizi, istirahat yang cukup dan menjauhi rokok, minuman beralkohol serta paling utama tidak menyalahgunakan narkotika," katanya usai memberikan penjelasan kepada audience pada peringatan Hari Ginjal se-Dunia di RS Siloam Makassar, Sabtu (19/3).

Dokter ahli gizi ini menjelaskan, terjadinya gejala penyakit ginjal diakibatkan kurang minum dan pemicu stress, sehingga ginjal tidak berfungsi dengan baik. Bila itu terjadi maka besar kemungkinan akan terserang gagal ginjal dan terpaksa harus cuci darah.

Orang yang rentan terkena penyakit ginjal, kata dia, karena beberapa faktor pendukung seperti banyak duduk saat bekerja. Bahkan, bekerja terlalu berat dan lupa meminum air secukupnya minimal delapan gelas perhari serta makan dan tidur secara teratur.

"Sebaiknya bila orang siapa saja punya rutinitas tinggi, bekerja kebanyakan duduk di depan komputer, mestinya minum air mineral sebagai penyeling dan berdiri sesekali minimal 30 menit untuk menstabilkan proses pencernaan," katanya menyarankan didampingi Direktur RS Siloam Makassar Dr Cheny Muljawan MARS .

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement