Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Starting Eleven Sepanjang Masa Pilihan Rio Ferdinand

Jumat 18 Mar 2016 17:37 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Citra Listya Rini

Rio Ferdinand

Rio Ferdinand

Foto: REUTERS/Edgar Su

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER  -- Legenda Manchester United Rio Ferdinand menyebutkan 11 pemain terbaik yang pernah temui selama menjadi pemain sepakbola selama 19 tahun. Bila 11 pemain ini digabungkan ke dalam satu tim, Ferdinand akan menggunakan pola 4-3-3. Para pemain jawara pilihan Ferdinand ini adalah nama-nama besar yang begitu sulit dikalahkan di masanya.

Berikut Starting XI pilihan Rio Ferdinand, dikutip dari La Gazzetta Dello Sport, Jumat (18/3).

1.      Victor Valdes (Barcelona)

Mungkin tak banyak yang mengidolakan kiper yang satu ini. Banyak yang menilai Valdes beruntung berada di Barcelona yang selalu tampil dengan dominasi sampai 70 persen penguasaan bola. Sehingga Valdes jarang mendapat ancaman dari lawan.

Tapi Ferdinand menilai lain dari sosok seorag Valdes. Menurut mantan bek Timnas Inggris itu, Valdes adalah sosok penting EL Barca dalam meraih banyak gelar.

“Saya sudah dua kali gagal juara Liga Champions karena kehebatan Valdes di bawah mistar. Jangan pernah remehkan kehebatan Valdes,” kata Ferdinand.

2.      Roberto Ayala (Valencia)

Untuk bek tengah, Ferdinand menilai sosok Roberto Ayala sebagai pemain yang spesial di masanya. Ferdinand bertemu Ayala ketika ia masih memperkuat Leed United. Saat itu, Ferdinand melihat Ayala begitu kuat, tegas agresif dan cepat membaca permainan lawan di wilayahnya.  Begitu juga dilihat Ferdinand saat Ayala membela Argentina di berbagai ajang.

3.      Paolo Maldini (AC Milan)

Tak cukup kata bagi Ferdinand untuk mendeskripsikan sosok yang satu ini. Maldini kata dia adalah panutan bagi kawan maupun lawan. Maldini di matanya begitu lengkap dari segi skill dan kepemimpinan.

“Striker lawan hanya akan menonton saja selama 90 menit. Tak ada yang lepas dari kawalanya. Dia adalah andalan, seorang pemain top yang loyal,” ucap Ferdinand tentang Maldini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA