Jumat 18 Mar 2016 08:04 WIB

5 Alas Kaki dengan Dampak Terburuk Bagi Kesehatan

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Alas kaki jenis sendal
Foto: pixabay
Alas kaki jenis sendal

REPUBLIKA.CO.ID, Selain berfungsi sebagai alas kaki, sepatu dapat memperindah penampilan khususnya bagi wanita. Tak heran jika banyak jenis sepatu yang diperuntukkan bagi wanita, mulai dari sepatu flat santai hingga stiletto.

Sayangnya, pemilihan jenis sepatu yang salah dapat menyebabkan berbagai masalah kaki, mulai dari kapalan hingga kerusakan syaraf. Berikut ini ialah lima jenis sepatu yang dinilai memiliki dampak terburuk bagi kesehatan.

Sandal

Mungkin terkesan cukup mengejutkan, akan tetapi sandal merupakan jenis alas kaki terburuk bagi kesehatan kaki menurut American Podiatric Medical Association. Di sisi lain, jenis alas kaki ini justru yang paling populer digunakan oleh wanita dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Juru bicara American Podiatric Medical Association Andrew Shapiro mengatakan bahwa alas kaki berjenis sandal lebih cocok untuk digunakan dalam waktu-waktu tertentu, seperti saat bermain di pantai atau bersantai di kolam renang. Akan tetapi, jika digunakan dalam keseharian, sandal bukan alas kaki yang ideal karena jenis alas kaki ini tidak melindungi kaki secara keseluruhan. Hal ini membuat risiko kaki terluka menjadi lebih besar.

Shaprio pun telah mendata beberapa kasus cidera akibat penggunaan sandal yang tidak tepat. Beberapa di antara daftar tersebut, lanjut Shaprio, ialah kaki tergores, keseleo hingga patah jari dan tendonitis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement