Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

78 Juta Warga AS Pilih Pindah Negara Jika Trump Jadi Presiden

Rabu 16 Mar 2016 19:30 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham

Donald Trump

Donald Trump

Foto: AFP

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebanyak 28 persen warga negara Amerika Serikat berencana pindah ke negara lain jika Donald Trump terpilih sebagai presiden. Hal ini dikemukakan oleh poling terbaru dari Morning Consult/Vox.

Poling itu dilakukan pada 10-13 Maret. Mereka mengatakan cenderung meninggalkan AS untuk kebaikan mereka. Ketika ditanya pergi kemana, jawabannya adalah negara seperti Kanada. (Gedung Putih Khawatir Trump Rusak Reputasi AS).

Data ini menjelaskan bahwa 1 dari 4 penduduk AS akan pindah jika Trump benar-benar dinobatkan jadi presiden. Saat ini, AS memilik 315 juta penduduk. Artinya, ada lebih dari 78 juta warga AS yang akan pindah.

Sebanyak 15 persen orang yang cukup radikal dan takut akan perubahan jadi lebih buruk jika Trump jadi presiden mengatakan mereka kemungkinan besar pindah negara. Menurut editor data, Simon Rogers, mengikuti Super Tuesday dan segala kemenangan Trump, situs pencari Google merekam pertanyaan 'Bagaimana pindah ke Kanada?' meningkat 350 persen.

Mereka menilai lebih baik tinggal di Kanada yang ramah daripada Amerika Serikat yang dipimpin Trump. Sementara Hillary Clinton yang digadang-gadang jadi rival final Trump mengatakan, ia akan tetap di AS apa pun yang terjadi.

"Saya tidak akan meninggalkan negara kita, tapi saya mungkin akan menghabiskan waktu berteriak-teriak pada televisi," kata dia.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA