Rabu 16 Mar 2016 16:29 WIB

5 Alasan Penyebab Bau Kaki

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Meski sepele tapi kaki yang sehat harus bebas bau.
Foto: pixabay
Meski sepele tapi kaki yang sehat harus bebas bau.

REPUBLIKA.CO.ID, Bau kaki sama halnya dengan bau badan, dapat menimpa siapa saja. Bahkan orang yang memiliki bau kakipun terkadang tidak menyadari hal tersebut. Bau kaki bisa membuat seseorang tidak percaya diri, terutama saat membuka alas kaki di antara banyak orang dan juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan orang-orang sekitar.

Dilansir dari Prevention, berikut kemungkinan alasan penyebab bau kaki.

 

Kelebihan keringat

Nah, untuk hal ini kelebihan keringat menjadi salah satu alasan bau kaki. Kaki yang berkeringat, memberikan kelembaban dan kehangatan pada kaki yang menghasilkan bakteri berkembang biak. Bakteri yang bertemu keringat akan menyebabkan timbulnya bau kaki.

 

Menurut Alex Kor, DPM, seorang ahli penyakit kaki di Johns Hopkins Medicine, Cara terbaik untuk melawan bau kaki adalah dengan mengganti kaus kaki setiap hari, terutama ketika dalam keadaan lembab.Gunakanlah kaos kaki yang berbahan katun atau wol agar keringat bisa diserap dengan baik dan tidak bercampur dengan bakteri.

 

Tidak mengganti sepatu

Sama seperti kaus kaki, sepatu juga bisa memberikan kelembaban dan kehangatan pada kaki jika terus-menerus dipakai. Itu sebabnya Kor merekomendasikan untuk memakai sepatu secara bergantian setiap harinya. Namun, banyak orang tidak mampu untuk melakukan hal ini.

 

Kebersihan kaki menjadi sangat penting untuk terhindar dari bau kaki. Bersihkanlah kaki saat mandi. Anda bisa menggunakan batu apung atau pedegg (penghalus kaki) untuk mengikis kulit kering. Kor juga menyarankan untuk memakai sepatu dengan sirkulasi udara agar tidak menimbulkan lembab pada kaki.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement