Rabu 16 Mar 2016 08:05 WIB

Hankook Luncurkan Konsep Ban Anyar

Rep: Rossi Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Konsep ban Hankook.
Foto: Hankook
Konsep ban Hankook.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen ban premium, Hankook telah memamerkan ban konsep teranyar dalam Opel GT Concept di Geneva Auto salon. Walaupun berstatus prototype dengan desain roller skatenya yang futuristik, ban yang memiliki warna solid merah pada poros roda depan dan hitam pada poros belakang ini dapat dikendarai hingga mencapai 100 km/jam.

Saat memproduksi ban-ban konsep, para teknisi Hankook kerap menemui berbagai tantangan dalam menyiapkan sisi ban dan juga corak tapaknya. Begitu juga dengan pembentukan sampel warna karet berdasarkan spesifikasi Opel. Untuk menentukan ukuran dari ban-ban konsep tersebut, Hankook telah menyesuaikan ukuran bannya terhadap ukuran konvensional yaitu sekitar 225/40R18.

Ban depan berwarna merah secara khusus, mengingatkan pada Opel Motorbike Motoclub 500, yang diluncurkan pada 1928 yang merupakan komponen visual penting, dari kajian tersebut dan membentuk awal dari garis tanda merah menyala. Ban menyoroti garis kontur dari GT Concept yang membuatnya menjadi sangat khas, menyerupai piktogram.

Vice President Hankook Klaus Krause, memiliki peran penting dalam mengubah spesifikasi menjadi ban sebenarnya. Ia mengatakan, ban berwarna tidak perlu selalu menjadi unsur kesenangan untuk mobil-mobil pameran.

“Tentu saja aspek visual dapat menyokong ban-ban berwarna. Ban-ban tersebut dapat menyediakan opsi-opsi kustomisasi kendaraan bagi para pengendara mobil, dan Opel GT Concept yang indah ini pastinya akan dapat memberikan sebuah pemahaman kepada para pengendara akan gambaran di masa depan nanti,” kata dia.

Warna yang menonjol dibuat oleh tapak dan gabungan sisi ban yang mengandung bahan pengisi alternatif pada warna dasar putih yang lebih baik daripada warna hitam karbon. Desain dan struktur dari ban konsep memiliki kemiripan dengan ban jalanan biasa, walaupun memiliki perbedaan warna yaitu merah dan hitam, kedua ban tersebut memiliki konstruksi yang identik.

 

baca juga: 5 Mobil dengan Aerodinamis Terbaik

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement