Selasa 15 Mar 2016 15:44 WIB

Sulit Konsentrasi? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Fokus atau berkonsentrasi
Foto:
Pria coba berkonsentrasi

Stres

Ketika Anda terlalu banyak pikiran maka semakin sulit Anda untuk fokus. Stres akan membuat keadaan semakin buruk dan membuat tubuh justru terus merasa lemas dan tidak maksimal.

Anda perlu mempelajari teknis pengurangan stres seperti meditasi. Ini akan membantu mengendalikan stres, sehingga tidak menuntut banyak perhatian. Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengambil kursus meditasi selama delapan minggu meningkatkan kemampuan mereka untuk fokus.

Lapar

Otak tidak bisa fokus tanpa bahan bakar. Sehingga melewatkan makan terutama sarapan merupakan pembunuh konsentrasi Anda. Penelitian menunjukkan, memori jangka pendek dan perhatian akan menderita ketika Anda terbangun tapi tidak melakukan sarapan.

Cobalah selalu untuk sarapan, pada sela-sela waktu sarapan menuju makan siang jangan lupa konsumsi makanan tinggi protein. Jangan konsumsi karbohidrat sederhana seperti permen atau pasta, lebih baik makan karbohidrat kompleks seperti gandum.

Kebosanan

Beberapa tugas atau aktivitas yang hampir setiap hari dilakukan sangat rentan akan kebosanan. Hal tersebut juga membuat Anda mudah terkena gangguan untuk berkonsentrasi pada sesuatu, termasuk telefon genggam dan internet.

Untuk menghindari ini, beri jeda selama 10 menit di sela-sela aktivitas tersebut untuk beristirahat dan merasakan suasana menenangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement