Selasa 15 Mar 2016 06:46 WIB

Penelitian: Anggur Efektif Kurangi Risiko Kebutaan

Rep: MG ROL 65/ Red: Hazliansyah
Buah anggur beku bisa menarik minat anak untuk makan buah.
Foto: fitnessandfrozengrapes
Buah anggur beku bisa menarik minat anak untuk makan buah.

REPUBLIKA.CO.ID, Sejak dulu, banyak orang tua yang membujuk anaknya memakan sayuran terutama wortel agar memiliki pengelihatan yang baik. Sehingga sampai sekarang, sudah menjadi tanggapan umum bahwa wortel memiliki manfaat yang sangat baik untuk mata.

Namun saat ini sebuah penelitian baru menemukan bahwa ternyata mengonsumsi anggur juga baik untuk kesehatan mata dan dapat mengurangi risiko kebutaan.

Dari penelitian ini ditemukan sebuah fakta bahwa Anggur dapat melindungi dari proses kimia yang bernama Stres Oksidatif. Dimana ini merupakan sebuah proses kimia yang melepaskan molekul radikal bebas berbahaya ke dalam retina.

Retina sendiri adalah bagian mata yang berfungsi untuk mengatur cahaya yang masuk, atau lebih dikenal sebagai fotoreseptor. Jika retina terkena penyakit yang degenerative, maka akan dapat menimbulkan kebutaan.

Buah Anggur yang kaya akan antioksidan ini akan melindungi sel-sel sehat dari kerusakan DNA. Dan senyawa ini diyakini sangat baik untuk pengelihatan.

Profesor Abigail Hackam dari Univeristas Miami, Amerika Serikat adalah sosok dibalik ditemukannya penemuan ini.

“Mengonsumsi buah Anggur sebenarnya dapat memberikan efek kesehatan pada retina mata dalam mengurangi Stres Oksidatif. Hal ini yang saya temukan didalam penelitian ini,” kata dia dikutip dari Dailymail.

Hasil Penelitian ini kemudian telah dibukukan dalam Jurnal Nutrisi.

“Hasil ini sangat menarik dan menambah semakin banyak bukti yang menunjukan manfaat yang sangat nyata untuk konsumsi anggur dan kesehatan mata,” tambah Professor Hackam.