Senin 14 Mar 2016 07:34 WIB

Kolesterol Meningkat? Lakukan 7 Cara Ini

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Alpukat
Foto: flickr
Alpukat

REPUBLIKA.CO.ID, Kolesterol low-density lipoprotein (LDL) merupakan kolesterol jahat yang dapat memberi dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, kolesterol LDL dapat menyebabkan terjadinya penumpukan plak pada arteri yang dapat berujung pada penyakit jantung, serangan jantung hingga stroke.

Meski kolesterol jahat ini menghantui di cukup banyak makanan, ada beberapa jenis makanan yang dapat berfungsi menurunkan kolesterol LDL. Berikut ini ialah tujuh makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Cokelat Hitam

Dark Chocolate atau cokelat hitam mengandung antioksidan bernama flavonoids yang mampu menurunkan kadar LDL. Agar tidak mendapat asupan lemak jenuh dan gula yang berlebih, Anda dapat mengonsumsi cokelat hitam dalam porsi sedang atau secukupnya saja. Penggunaan bubuk kakao hitam tanpa pemanis dalam masakan juga memiliki efek yang tak kalah baik dengan cokelat hitam batangan.

Alpukat

Alpukat tidak hanya dapat diolah menjadi jus segar atau guacamole yang lezat. Lebih dari itu, alpukat dapat memberikan asam oleic yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam aliran darah. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi alpukat, mulai dari memasukkan potongan alpukat ke dalam roti lapos kalkun, hingga dimasukkan ke dalam campuran salad. Minyak alpukat juga dapat menjadi alternatif pengganti minyak dalam memasak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement