Sabtu 12 Mar 2016 07:15 WIB

Atasi Nyeri Perut Saat Haid dengan Cara Ini

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Jahe
Foto: flickr
Jahe

REPUBLIKA.CO.ID, Nyeri di bagian perut sering kali dialami perempuan di masa awal menstruasi. Pada beberapa perempuan, rasa sakit tak begitu terasa sehingga mereka tetap menjalani aktivitas seperti biasa. Namun, tak sedikit yang juga merasakan nyeri tak tertahankan dan tak dapat melakukan apapun.

Biasanya nyeri perut berlangsung selama satu hingga tiga hari. Hal ini diakibatkan kontraksi pada rahim yang mendorong pembuluh darah. Akibatnya, oksigen ke jaringan otot rahim terhambat dan rasa sakit seperti kram timbul.

Sebagian perempuan yang tak dapat menahan rasa sakit biasanya memilih mengonsumsi obat-obatan tertentu. Namun, sebenarnya terdapat obat alami yang dapat membantu meredakan nyeri saat menstruasi. Dilansir Boldsky, inilah yang sebaiknya para perempuan konsumsi saat mengalami hal tersebut.

1. Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang mampu meredakan banyak masalah perut, tak terkecuali sakit akibat menstruasi. Jahe mampu melancarkan aliran darah.

Rebuslah jahe hingga hampir mendidih selama lebih kurang tujuh menit. Kemudian tuangkan air rebusan dalam cangkir dan Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat. Dalam hitungan menit, perut akan terasa lebih nyaman dan rasa nyeri perlahan berkurang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement