Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Harga Cabai dan Bawang Merah di Palembang Melambung

Jumat 11 Mar 2016 16:15 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: Angga Indrawan

Cabai merah dan rawit di pasaran

Cabai merah dan rawit di pasaran

Foto: Koran Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Harga barang kebutuhan pokok atau pangan pada beberapa pasar di Palembang melambung cukup tinggi, khususnya harga cabai merah dan bawang merah. Seperti harga cabai merah yang pekan lalu masih dijual Rp 35 ribu per kg sekarang melambung menjadi Rp 60 ribu per kg. Juga bawang merah yang sebelumnya Rp 30 ribu terus bergak naik sampai Rp 55 ribur per kg.

Kenaikan harga cabai dan bawang diakui Meri pedagang sayur di Pasar 16 Ilir Palembang.  “Selain cabai merah dan bawang merah, harga cabai rawit juga naik sekarang Rp 50 ribu/kg, bawang putih naik jadi Rp30.000/ kg dan tomat sekarang Rp 10 ribu/ kg,” katanya, Jumat (11/3).

Kenaikan harga cabai dan bawang juga diakui beberapa pedagang di Pasar Cinde, Pasar Km 5 dan Pasar Padang Selasa. Akibat kenaikan harga tersebut menurut Meri omzet penjualannya menurun. “Lebih banyak yang beli cabai hanya setengah kilogram atau seperempat kilogram. Waktu masih harganya Rp 35 ribu/kg pembeli banyak yang beli satu atau dua kilogram,” ujarnya.

Kenaikan harga cabai merah dan bawang merah pada beberapa pasar di Palembang diakui Permana Kepala Dinas perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumatera Selatan (Sumsel). “Kenaikan harga cabai dan bawang ini karena faktor cuaca dan musim tanam. Hujan yang masih tinggi berakibat musim tanam khususnya sayuran jadi terganggu. Dampaknya pasokan ke Palembang dan beberapa daerah lain dari sentra produksi sayur berkurang,” kata Permana.

Menurut Permana, berdasarkan pemantauan rutin staf Disperindag Sumsel pada beberapa pasar di Palembang, kenaikannya berkisar sekitar 50 persen dari harga semula. “Kenaikan ini terjadi bukan hanya di Sumsel saja, tetapi juga di daerah lain. Bahkan di daerah lain kenaikan harga seperti cabai ada yang sampai 100 persen lebih,” ujarnya.

Baca juga, Harga Cabai Merah Semakin Pedas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA