DPR Dukung Jokowi Boikot Produk Israel

Selasa , 08 Mar 2016, 13:45 WIB
Bendera Israel
Bendera Israel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPR RI sangat setuju dengan pidato Presiden Joko Widodo yang menyerukan seluruh negara yang tergabung di Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk memboikot produk Israel.

Ketua DPR RI, Ade Komaruddin menegaskan, sikap Jokowi ini akan didukung oleh DPR. Sebab, boikot produk buatan Israel dapat menjadi tekanan pada negara tersebut agar tidak melakukan penindasan pada rakyat Palestina.

"Itu sangat bagus, satu upaya menekan Israel yang membabi-buta kepada rakyat Palestina," ujar Ade Komaruddin di kompleks parlemen Senayan, Selasa (7/4).

Dengan boikot produk-produk Israelnya, Israel akan berpikir ulang untuk melakukan penindasan. Selain itu, Indonesia berkomitmen untuk terus mendorong kemerdekaan bagi negara Palestina.

"Kemerdekaan itu hak, kemerdekaan sesungguhnya, deklarasi Palestina sebagai sebuah negara, kebebasan beragama, hak-hak sipil lainnya, setuju sekali saya," kata Politikus Partai Golkar ini.

Pimpinan DPR lainnya, Fadli Zon juga mengungkapkan hal yang sama soal seruan untuk memboikot produk-produk Israel. Namun, pemerintah perlu melakukan langkah selanjutnya untuk merealisasikan seruan untuk boikot produk Israel tersebut.

Yaitu, meneliti apa saja produk yang berhubungan dengan negara Israel di Indonesia. Dengan begitu, langkah konkret untuk melakukan boikot terhadap produk Israel dapat dilakukan menyeluruh di seluruh Indonesia dan negara-negara Islam yang tergabung di OKI.

"Kalau itu dilakukan bagus, sebagai komitment pada Palestina yang merdeka, kalau itu dilakukan saya termasuk yang akan ikut mendukung," tegas Fadli Zon.