Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Bukan Sekadar Shalat Jenazah

Selasa 08 Mar 2016 09:00 WIB

Red: M Akbar

Murniati Mukhlisin, M.Acc dari Sakinah Finance

Foto:

Dari hitungan kasar di atas, kita lihat bahwa ada sekitar 30 persen dari paket di atas dialokasikan untuk biaya pesawat yang tentunya keuntungannya akan dinikmati oleh perusahaan Boeing dan Airbus.

Dari alokasi di atas, ada 30 persen disisihkan untuk hotel yang umumnya dikuasai oleh pemilik modal asing. Sekitar 10 persen biaya dialokasikam ke bus dan taksi yang biasanya diproduksi oleh Toyota, GMC, Hyundai, dan Nissan.

Adapun 10 persen urusan makan dan minum dikuasai yang pemasok dari Thailand dan Cina. Belum lagi kita bicara mengenai alat peralatan umrah dari kain ihram, sajadah, jeriken air, mukena, dan tasbih yang lucunya banyak berlabel made in Cina. Alat komunikasi pun sangat jelas, handphone Nokia, iPhone, Samsung, Sony yang bukan milik Umat.

Contoh di atas hanya sekadar urusan umrah belum lagi masalah pendidikan dan lain-lain, masih sangat sedikit umat Islam yang memainkan peranan besar. Maka dari itu, mari bulatkan semangat untuk membuat perubahan.

Mulailah dari keluarga dan lingkungan sekitar

Mari kita tanamkan niat untuk senantiasa menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain (khoirunnas anfa'uhum linnas). Juga berazam untuk menumbuhkan sikap dan mental yang tangguh serta tidak biasa menyia-nyiakan waktu. Tak kalah pentingnya, marilah kita pastikan untuk selalu berusaha berbuat yang terbaik, jika ada yang kurang, diperbaiki secara berkala (konsep itqon).

Tidak dinafikan lagi bahwa Rasulullah SAW adalah panutan bagi kita di berbagai aspek, termasuk cara beliau berdagang yang telah beliau jalani selama hampir 25 tahun sebelum misi beliau menjadi Rasul.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA