Selasa 08 Mar 2016 08:33 WIB

Ini Dia Macam-macam Produk Turunan Madu

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Madu (ilustrasi)
Foto: en.wikipedia.org
Madu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Lebah menghasilkan madu yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Tapi faktanya bukan hanya  madu dari lebah saja yang bisa dimanfaatkan. Berbagai produk turunannya pun sangat berguna untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Apa sajakah produk turunan madu itu?

Menurut Manager Divisi Madu dari Dian Niaga Jakarta, Theophilla Arispraptami, ada beberapa produk turunan madu. Untuk madu hutan, dia menyebutkan tidak akan ada sampahnya. Karena bahan lainnya yang terkait dalam proses pembuatan madu bisa dimanfaatkan.

Misalnya, sarang lebah untuk membuat madu. Wanita yang akrab di sapa Tami ini mengatakan, sarang lebah  bisa dijadikan lilin. Ada juga yang dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik seperti lip balm, sabun, krim tabir surya dan lainnya. Lilin lebah ini juga bisa digunakan untuk membuat batik.

Selain itu, bee bread atau roti lebah dari madu hutan merupakan sumber protein lebih tinggi dari susu sapi. Bee bread ini juga lebih mudah diserap tubuh dan organ pencernaan.

Sementara untuk madu ternak, salah satu staf dari Thepprasit Honey, Nicholas Eman mengatakan beberapa waktu lalu di Thailand, ada produk turunan madu berupa bee polen. Bee polen ini bisa dimakan atau dikonsumsi. “Bee polen atau serbuk bisa digunakan untuk mengencangkan kulit, rasanya seperti mengkudu,” tambahnya.

Selain itu bee polen juga bisa untuk obat awet muda, menstruasi tidak lancar, mengurangi kerontokan rambut untuk alergi, diet, menghancurkan zat gula, menahan lapar, lemak dalam tubuh dihancurkan dan BAB lancar.  Selain itu juga baik untuk prostat.

Selain bee polen, produk turunan lainnya ada juga susu lebah atau royal jelly. Ini bermanfaat untuk obat awet muda. Bisa juga untuk menjaga stamina. Sebelum olahraga mengonsumsi susu lebah ini bisa membuat badan tetap segar dan fit. “Ratu seumur hidup makan madu. Ratu usianya bisa sampai lima bahkan tujuh tahun. Dengan royal jelly ini bisa untuk regenerasi sel,” tambahnya.

Selain itu jika ada luka bakar baru, dengan mengoleskan royal jelly pada luka, akan membuat lapisan kulit cepat berganti karena royal jelly mengandung kolagen tinggi. Bisa juga dijadikan masker. Bahkan royal jelly juga bisa untuk diet, mengurangi gula darah secara alami, hipertensi, kolesterol dalam darah juga untuk tulang rapuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement