Selasa 08 Mar 2016 08:18 WIB

Madu akan Awet, Asal...

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Madu
Foto: flickr.com
Madu

REPUBLIKA.CO.ID, Anda sudah menyimpan madu cukup lama, apakah masih bisa dikonsumsi? Ataukah madu ini sudah kedaluwarsa? Sebaiknya dikonsumsi saja atau dibuang? Jangan bingung, ini dia jawabannya.

Menurut Manager Divisi Madu dari Dian Niaga Jakarta, Theophilla Arispraptami, mengatakan madu tidak memiliki masa kedaluwarsa. Madu akan awet bahkan sampai 20 tahun. Loh kok bisa ya? Mengapa?

Perempuan yang akrab disapa Tami ini mengungkapkan semua madu berfermentasi. Tapi jika madu itu asli dan diolah dengan benar maka tidak ada masa kedaluwarsanya. Sebaliknya jika madu diolah secara tidak higienis, misalnya terdapat potongan tubuh lebah di dalam madu tersebut, maka dalam waktu sebulan madu bisa busuk.

(Baca Juga: Berbagai Mitos Tentang Madu Palsu dan Asli)

Jika madu ingin awet bahkan bertahan hingga 20 tahun, staf marketing dan produksi dari Jaringan Madu Hutan Indonesia (JMHI) ini menyarankan agar madu tidak dipanaskan. Karena jika itu dilakukan maka enzim dan kandungan nutirisi di dalamnya akan rusak.

Selain itu, madu juga sebaiknya tidak kena sinar matahari. Karena jika kena sinar matahari, maka madu akan bereaksi dengan unsur kimia. Madu memiliki sifat kimia yaitu hidroskopis, karena itu maka madu bisa menyerap bau di sekitarnya.

Tami mengatakan madu juga sebaiknya disimpan dalam keadaan tertutup rapat dan di simpan di suhu ruang, atau suhu kamar. Jika ingin di simpan di dalam kulkas boleh saja, ini justru membuat madu bertambah awet. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement