Jumat 04 Mar 2016 18:20 WIB

Tertarik Jalani Clean Eating? Simak Tipsnya

Gillian Koh, Miss Clean Eat
Foto: Republika/Hazliansyah
Gillian Koh, Miss Clean Eat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memulai pola hidup sehat mungkin terasa sulit. Membatasi dan mengatur waktu mengonsumi makanan menjadi tantangan tersendiri.

Namun jika sudah terbiasa, menjalani pola hidup sehat menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi jika sudah merasakan hasilnya seperti berat badan ideal, merasa lebih enerjik, bersemangat dan selalu sehat.

Seperti yang dirasakan Gillian Koh, wanita yang telah melakukan riset dan menjalani clean eating selama enam tahun belakangan. Memulai pola hidup sehat dikatakanya merupakan hal yang butuh perjuangan.

Untuk itu, berdasarkan pengalamanya, Gillian mencoba berbagi tips untuk memulai pola hidup sehat.

"Untuk serius memulai clean eating dimulai dari dapur kita sendiri. Kita harus berani membersihkan. Karena kalau masih ada makanan seperti donat, es krim, gorengan, otomatis kita akan mudah tergoda," kata dia beberapa waktu lalu.

Wanita yang secara aktif berbagi tentang resep makanan sehat lengkap dengan cara pengolahan dan sajianya di situs misscleaneat.com ini mengatakan, memotivasi diri merupakan hal penting berikutnya.

"Karena niatan itu harus kuat. Bisa dibuat misalnya layar di handphone ditulis kata-kata yang bisa memotivasi diri," ujar Gillian.

Kemudian barulah mempersiapkan segala bahan untuk diproses menjadi makanan yang sehat sesuai dengan konsep clean eating.

"Di website aku ada e-book yang bisa di-download, yaitu mealprep. Bagaimana kita bisa mempersiapkan bahan makanan untuk dua sampai tiga hari ke depan," kata dia.

Menurut Gillian ada empat langkah lainnya yang bisa ditemukan di website www.misscleaneats.com miliknya.

"Semoga apa yang aku lakukan ini bisa memberi inspirasi dan motivasi orang-orang untuk melakukan gaya hidup sehat," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement