Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Bina Sarana Informatika Genap Berusia 28 Tahun

Kamis 03 Mar 2016 21:55 WIB

Red: Irwan Kelana

Lab Komputer BSI

Lab Komputer BSI

Foto: Dok BSI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu bukti eksistensi sebuah lembaga perguruan tinggi adalah kemampuan lembaga tersebut terus bertahan dan berkembang dari tahun ke tahun. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh Bina Sarana Informatika (BSI). Lembaga pendidikan tinggi yang lahir tanggal 3 Maret 1988 itu saat ini genap berusia 28 tahun.

“Dengan segala kesulitan dan kendala yang dihadapi, alhamdulillah hingga saat ini BSI masih tetap eksis,” kata Direktur Bina Sarana Informatika (BSI) Naba Aji Notoseputro di Jakarta, Rabu (2/3).

Naba mengemukakan, sejak awal BSI hadir dengan visi mencerdaskan sebanyak mungkin anak bangsa. “Dengan visi tersebut, saat ini BSI telah hadir di 20 kota di seluruh Indonesia, dengan 50 kampus dan mahasiswa aktif berjumlah sekitar 50 ribu orang per tahun,” tuturnya.

Adapun perguruan tinggi yang dikelola oleh BSI mencakup tujuh jenis. Yakni, Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK), Akademi Sekretari Manajemen (ASM), Akademi Bahasa Asing (ABA), Akademi Komunikasi (Akom), Akademi Manajemen Keuangan (AMK), Akademi Pariwisata (Akpar), dan Universitas BSI Bandung. 

Selain itu, ada juga perguruan tinggi yang masih satu group dengan BSI, yakni STMIK-STIBA Nusa Mandiri. “Secara keseluruhan, BSI mempunyai puluhan prodi dan peminatan, sehingga masyarakat dapat  menentukan pilihan minatnya untuk berkuliah di BSI,” tutur Naba.

Lebih jauh Naba menyebutkan, AMIK BSI mempunyai tiga program studi (prodi), yakni Komputerisasi Akuntansi, Manajemen Informatika, dan Teknik Komputer.  ASM BSI memiliki dua prodi, yakni Sekretaris, dan Manajemen Administrasi.

Adapun ABA BSI hadir dengan satu prodi, yakni Bahasa Inggris. AKOM BSI menawarkan tiga prodi, yakni Kehumasan (Public Relations), Penyiaran (Broadcasting), dan Periklanan (Advertising). 

AMK BSI mempunyai dua prodi, yakni Manajemen Pajak, dan Akuntansi (Peminatan Akuntansi Perbankan), Sedangkan Akpar BSI menawarkan prodi Perhotelan.

“Adapun STMIK-STIBA Nusa Mandiri memilik tiga prodi, yakni Manajemen Informatika (MI) dan Sistem Informasi (SI), Teknik Komputer (TK) dan Teknik Informatika (TI), serta Bahasa Inggris dan Sastra Inggris,” papar Naba.

Universitas BSI Bandung mempunyai program S1 dan S2 (Pasca Sarjana) Magister Manajemen. Program S1 mencakup enam fakultas.  Fakultas Ekonomi mencakup prosi Manajemen dan Akuntansi. Fakultas Ilmu Keperawatan meliputi prodi Ilmu Keperawatan dan Profesi NERS. Fakultas Teknik mencakup prodi Sistem Informasi dan Teknik Informatika. 

Fakultas Seni Rupa & Desain mempunyai dua prodi, yakni Desain Komunikasi Visual dan Desan Grafis/Multimedia. Fakultas Ilmu Komunikasi terdiri dari prodi Ilmu Komunikasi. Selain itu, Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata  mempunyai prodii Manajemen.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA